Empat Langkah Menggunakan Platform X dengan Aman
ILUSTRASI UNSPLASH

Bagikan:

JAKARTA – Platform X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, membagikan langkah-langkah yang tepat untuk menggunakan platform X dengan aman. Tahapan ini dibagikan untuk merayakan hari Keamanan Internet.

Langkah pertama yang pengguna perlu dilakukan adalah melindungi akun dengan lima cara, yaitu menggunakan kata sandi yang kuat dan berbeda dari situs lain serta memasukkan email dan nomor telepon untuk berjaga-jaga jika akun bermasalah.

Berikutnya, jangan buka tautan yang mencurigakan, tidak memberikan nama pengguna dan kata sandi ke orang lain, dan memperbarui aplikasi serta browser yang sering digunakan untuk membuka platform X untuk mendapatkan perlindungan terbaik.

Tahapan berikutnya yang bisa dilakukan untuk menggunakan X dengan aman adalah dengan melaporkan akun yang dianggap mengganggu atau merugikan. Pengguna juga bisa mengontrol konten sensitif yang sering terlihat melalui Pengaturan Privasi dan Keamanan.

Pada tahapan ketiga, X mengingatkan pengguna untuk berhati-hati saat menerima email dari mereka. Email milik X hanya berakhiran @X.com atau @eXcom. Jika akhiran alamat email berbeda dari email resmi X, maka pengguna sedang menerima email palsu.

Selain melaporkan pengguna atas konten yang merugikan akun pribadi, pada tahapan keempat, X meminta pengguna untuk melaporkan berbagai akun yang dianggap telah melanggar peraturan platform tersebut. Pengguna bisa melaporkan lewat unggahan, fitur Space, atau dari profil.

Terakhir, pengguna harus bertindak jika mereka mengalami pelecehan seksual. Masalah ini tidak bisa tidak bisa diabaikan dan harus segera ditindak. Jika hal ini terjadi, laporkan akun yang melakukan pelecehan agar X menyingkirkan atau menghapus akun tersebut.