Bagikan:

JAKARTA - Google telah mengatasi masalah yang sudah lama dikeluhkan pengguna terkait fitur pengaturan alarm di Google Assistant. Kini, pengguna bisa mengatur alarm lebih dari 24 jam sebelumnya, sesuatu yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan dan sering kali memunculkan pesan error.

Perbaikan ini diharapkan mempermudah penggunaan fitur alarm, yang sebelumnya memaksa pengguna untuk mengatur secara manual melalui aplikasi Jam jika ingin mengatur alarm untuk waktu yang lebih lama.

Sebelum pembaruan ini, ketika pengguna mencoba mengatur alarm untuk lebih dari 24 jam ke depan, Google Assistant maupun Gemini akan menampilkan pesan kesalahan. Pengguna diberitahu bahwa alarm tidak dapat diatur lebih dari 24 jam sebelumnya, sehingga opsi yang tersedia adalah mengaturnya secara manual atau menggunakan alarm berulang. Namun, berdasarkan informasi dari pakar teknologi Artem Russakovskii di platform X, Google telah memperbarui asisten virtualnya sehingga masalah ini tidak lagi terjadi.

Dengan pembaruan ini, pengguna bisa langsung menggunakan perintah suara untuk mengatur alarm lebih dari 24 jam ke depan. Cukup dengan menggunakan perintah seperti “Set an alarm for [waktu] on [hari],” Google Assistant maupun Gemini akan secara otomatis menambahkan alarm yang diinginkan ke aplikasi Jam.

Walaupun Google secara perlahan berupaya mendorong pengguna untuk beralih dari Google Assistant ke Gemini, pembaruan seperti ini menunjukkan bahwa Google masih mendukung dan memperbarui fitur di Assistant.

Banyak pengguna yang masih setia menggunakan Assistant, meskipun Gemini hadir dengan berbagai pembaruan fitur baru. Namun, melihat tren kecepatan pengembangan Gemini, kemungkinan besar Google Assistant pada akhirnya akan digantikan oleh asisten baru tersebut di masa depan.