Bagikan:

JAKARTA - Setelah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan, Google juga menghapus beberapa fitur di Google Assistant.

Melansir The Verge, Minggu 14 Januari, beberapa fitur yang menggunakan suara untuk mengirim email, video, dan pesan audio ikut dihilangkan.

Terhitung tanggal 26 Januari 2024 mendatang, fitur-fitur itu akan mulai dihilangkan. Pengguna yang terlanjur menggunakan 17 fitur itu akan mendapatkan pemberitahuan bahwa fitur itu akan dihapus.

Diketahui, penghapusan secara permanen ke-17 fitur itu akan dilakukan pada 27 Januari 2024.

Kabar penghapusan fitur ini terjadi setelah Google mengumumkan untuk memberhentikan ribuan karyawannya termasuk di unit Google Asisstant.

Tentunya, penghapusan fitur ini akan berdampak pada perangkat seluler, jam tangan pintar, dan speaker/layanan pintar.

Namun, untuk beberapa fitur yang hilang, Google menawarkan alternatif untuk menggantikannya. Akan tetapi ada juga beberapa fitur yang sepenuhnya hilang.

Google diketahui juga mengubah fungsi microfon di aplikasi Google dan bilah Search. Kini pengguna yang mengetuk ikon itu hanya akan mendapatkan respons berupa hasil penelusuran di Search.

Berikut 17 fitur Google Assistant yang dihapus:

1. Mengontrol buku audio di Google Play Book dengan suara tak akan tersedia. Namun, Anda masih dapat mentransmisikan buku audio dari perangkat seluler Anda.

2. Menyetel atau menggunakan alarm media, alarm musik, atau alarm radio di perangkat yang mendukung Asisten Google. Namun, Anda masih dapat membuat rutinitas kustom yang memiliki perilaku serupa atau menggunakan alarm standar.

3. Mengakses atau mengelola buku masak, mentransfer resep dari perangkat ke perangkat, memutar video instruksi resep, atau menampilkan resep langkah demi langkah. Namun, Anda dapat menggunakan Google Assistant untuk menelusuri resep di web dan YouTube.

4. Mengelola stopwatch di smart display dan speaker. Namun, Anda masih dapat mengatur timer dan alarm.

5. Menggunakan suara untuk memanggil perangkat atau menyiarkan pesan ke grup keluarga. Namun, Anda masih dapat melakukan siaran ke perangkat di rumah Anda.

6. Menggunakan suara untuk mengirim email, pesan video atau audio. Namun, Anda masih dapat melakukan panggilan dan mengirim pesan teks.

7. Menjadwal ulang acara di Google Kalender dengan suara Anda. Namun, Anda masih dapat menjadwalkan acara baru.

8. Menggunakan Peluncur Aplikasi dalam mode mengemudi Google Assistant di Google Maps untuk membaca dan mengirim pesan, melakukan panggilan, dan mengontrol media. Anda masih dapat menggunakan kontrol suara di Google Maps dengan cara yang sama.

9. Meminta untuk menjadwalkan atau mendengarkan pengumuman family bell yang dijadwalkan sebelumnya. Anda dapat membuat rutinitas khusus yang memiliki perilaku serupa.

10. Meminta untuk bermeditasi dengan tenang. Namun, Anda tetap bisa menanyakan pilihan meditasi pada penyedia media seperti YouTube.Kabar penghapusan fitur ini terjadi setelah Google mengumumkan untuk memberhentikan ribuan karyawannya termasuk di unit Google Asisstant.

11. Kontrol suara untuk aktivitas tidak lagi tersedia di perangkat Fitbit Sense dan Versa 3. Anda harus menggunakan tombol di perangkat Anda untuk memulai, menghentikan, menjeda, dan melanjutkan aktivitas. Anda tetap dapat mengontrol aktivitas dengan suara di Pixel Watches.

12. Melihat ringkasan tidur Anda hanya akan tersedia di Google Smart Display. Anda masih dapat menanyakan detail tidur melalui suara di smartwatch pihak ketiga.

13. Panggilan yang dilakukan dari speaker dan layar pintar tidak akan muncul dengan ID penelepon kecuali Anda menggunakan Duo.

14. Melihat perkiraan waktu perjalanan ke kantor di layar pintar. Namun Anda masih dapat menanyakan waktu perjalanan dan mendapatkan petunjuk arah melalui suara.

15. Memeriksa rencana perjalanan pribadi dengan suara. Namun, Anda masih bisa menanyakan status penerbangan.

16. Meminta informasi tentang kontak Anda. Anda masih dapat melakukan panggilan ke kontak Anda.

17. Meminta untuk melakukan tindakan tertentu melalui suara, seperti mengirim pembayaran, melakukan reservasi, atau memposting ke media sosial. Anda masih dapat meminta Google Assistant untuk membuka aplikasi yang Anda install.