Bagikan:

JAKARTA – Platform dompet digital DANA dan Ant International kembali mengadakan program SisBerdaya. Seperti tahun lalu, program ini dibuat untuk melatih pengusaha perempuan di kategori mikro dan ultra-mikro.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (UKM), UMKM di Indonesia menyumbangkan 61 persen Produk Donestik Bruto (PDB) dan menyerap hingga 90 persen tenaga kerja. Oleh karena itu, DANA dan Ant International mendukung peningkatan UMKM.

Noudhy Valdryno, Director of Public Policy and Business Development Ant International Indonesia, mengatakan bahwa program SisBerdaya dibuat khusus untuk wanita karena lebih dari 60 persen UMKM dikelola oleh wanita Indonesia.

"Kami memprakarsai inisiatif ini untuk mendukung peluang bagi yang inklusif dan setara bagi perempuan dan UMKM yang dikelola bagi perempuan agar dapat memaksimalkan potensi nya beroperasinya di Indonesia," ujarnya.

"UMKM kami lihat sebagai penyangga ekonomi selama masa krisis," ungkap Valdryno pada Selasa, 6 Agustus. "Kami memprakarsai inisiatif ini untuk mendukung peluang bagi yang inklusif dan setara bagi perempuan dan UMKM yang dikelola bagi perempuan agar dapat memaksimalkan potensinya."

Director of Communications DANA Indonesia, Olavina Harahap, mengatakan bahwa SisBerdaya akan melatih dan mengajarkan pengusaha perempuan dalam mengembangkan bisnisnya. Program ini akan mendukung perluas bisnis ke arah global.

"Kita menyadari bahwa masih banyak pengusaha di Indonesia, bahkan perempuan, yang mungkin baru satu aspek dalam bisnisnya yang sudah mengadopsi teknologi. Dari situ, kita berusaha memperkenalkan bahwa bisa mengadopsi teknologi apa saja dalam mendukung bisnis mereka, termasuk salah satunya keuangan digital," jelas Olavina.

Selain fokus pada perempuan, DANA dan Ant International akan membuka program khusus untuk para pengusaha perempuan yang meyandang disabilitas. Program ini disebut sebagai Disabilitas Berdaya (DisBerdaya).

"DisBerdaya akan diselenggarakan secara pararel dengan SisBerdaya dengan program khusus untuk 50 UMKM perempuan penyandang disabilitas di bawah naungan dua mitra kami," ujar Olavina.

Seluruh pengusaha wanita di Indonesia bisa mendaftarkan diri dengan membuka aplikasi DANA. Program ini akan dibuka di tiga area, yaitu Indonesia Timur, Indonesia Barat, dan Jabodetabek. Pendaftaran SisBerdaya dibuka mulai 29 Juli hingga 21 Agustus.