Bagikan:

JAKARTA - SisBerdaya, sebuah inisiatif lokal yang diselenggarakan bersama oleh perusahaan dompet digital DANA dan Ant Group untuk memberdayakan wirausahawan perempuan di Indonesia, khususnya yang berasal dari usaha ultra-mikro dan mikro, telah menerima lebih dari 2.400 pendaftar dari komunitas wirausahawan perempuan lokal.

Sebanyak 86 persen pendaftar berasal dari wirausahawan perempuan di kategori usaha ultra-mikro, sementara sisanya berasal dari kategori usaha mikro. Tiga kategori industri teratas yang mendaftar dalam program SisBerdaya adalah F&B, Ritel dan Manufaktur.

Selanjutnya, dari seluruh lamaran pendaftar yang masuk, 180 pendaftar yang paling menonjol akan dipilih oleh panel juri dan diumumkan pada 3 Mei 2023, berdasarkan berbagai kriteria, termasuk ukuran bisnis, visi dan strategi, tingkat inovasi, dan lainnya. 

180 wirausaha itu kemudian akan mendapatkan hadiah uang tunai dan bimbingan serta pelatihan keterampilan selama satu bulan dari mentor-mentor terkemuka, yang akan dimulai pada 17 Mei 2023.

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami menerima tanggapan yang luar biasa dari wirausahawan perempuan Indonesia untuk berpartisipasi dalam program SisBerdaya," ujar Agustina Samara, Chief People and Corporate Strategy Officer DANA dalam keterangan tertulis yang diterima VOI di Jakarta. 

Agustina menambahkan, bahwa program ini juga dimaksudkan untuk wirausaha perempuan yang masih belum familiar dengan digitalisasi bisnis dan lebih memilih memasarkan produknya dari mulut ke mulut. 

"Salah satu kekhawatiran mereka sehari-hari termasuk keterbatasan akses dan minimnya literasi keuangan, maka dari itu mereka sangat berterima kasih atas inisiatif program SisBerdaya,” lanjut  Agustina. 

“Kami sangat tergerak oleh antusiasme komunitas wirausahawan perempuan untuk berpartisipasi dalam SisBerdaya dan keinginan mereka untuk memanfaatkan teknologi digital untuk menggerakkan bisnis mereka menuju kesuksesan, tidak hanya secara lokal tetapi juga secara global.” Ms Carrie Suen, Global Affairs & Sustainability Strategies, Ant Group. 

"Kami menantikan fase SisBerdaya berikutnya dengan menyumbangkan pengetahuan dan keterampilan kami dalam program bimbingan untuk mendukung para peserta mencapai potensi penuh mereka dalam skala global," pungkasnya.