Bagikan:

JAKARTA – Axiom Space, perusahaan antariksa yang berpusat di Texas, mengumumkan bahwa dua negara baru akan bergabung dengan Misi Axiom 4 (Ax-4). Negara tersebut adalah Hungaria dan Polandia.

Dengan diumunkannya dua negara ini, kru untuk misi Ax-4 sudah lengkap. Empat astronot yang akan terbang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) berasal dari Badan Riset Antariksa India (ISRO), Badan Antariksa Eropa (ESA), Hungaria, dan Axiom Space.

Tugas untuk anggota kru Ax-4 sudah ditetapkan. Astronot Axiom Space, Peggy White, akan menjadi komandan, Astronot ISRO Shubhanshu Shukla akan menjadi Pilot, Astronot ESA Sławosz Uznański, mewakili Polandia, dan Astronot Hungaria Tibor Kapu akan menjadi spesialis misi.

Keempat astronot ini sudah tiba di Johnson Space Center NASA pada 5 Agustus lalu untuk memulai pelatihan selama beberapa bulan. Axiom belum mengungkapkan kapan keempat kru Ax-4 ini akan terbang ke ISS.

Michael Suffredini, CEO Axiom Space, menjelaskan bahwa Ax-4 akan melanjutkan berbagai penelitian, pengujian, dan inovasi dengan berbagai negara. Melalui misi ini, astronot dari berbagai belahan dunia akan menjalankan tugas di orbit Bumi.

"Kolaborasi kami dengan ESA untuk kedua kalinya dan penyertaan Hungaria dan India menggarisbawahi kemampuan Axiom Space untuk membina mitra global, memperluas cakupan eksplorasi, dan membuka jalan baru untuk mengembangkan ekonomi luar angkasa global," kata Suffredini.

Penambahan astronot dari Hungaria dan Polandia merupakan kabar terbaru dari misi Ax-4 karena keikutsertaan India sudah diumumkan lebih dahulu oleh NASA. Pengiriman Shukla ke ISS merupakan bagian dari kerja sama India dan AS.

Namun, bukan hanya Shukla yang dikirim ke Johnson Space Center. ISRO juga mengirimkan Astronot Prasanth Balakrishnan Nair sebagai cadangan. Jika Shukla berhalangan untuk terbang, Nair akan menggantikan tugasnya.