Empat Awak Pesawat dalam Misi Ax-3 Axiom Space Siap Meluncur Tahun Depan
Ax-3 Axiom Space akan meluncur tahun depan dengan empat awak pesawat (foto: dok. Axiom Space)

Bagikan:

JAKARTA – Misi ketiga dari Axiom Space akan dilaksanakan tahun depan, paling cepat pada Januari 2024. Meski masih ada beberapa bulan menuju Januari, keempat awak pesawat dari miss ini sudah sangat siap untuk mendarat di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Mengutip dari Space, misi Ax-3 Axiom Space akan membawa empat awak pesawat, salah satunya adalah mantan astronaut dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) Michael López-Alegría.

López-Alegría pernah bergabung dalam misi Ax-1, bahkan memimpin misi tersebut sehingga ia dipercaya untuk memimpin misi Ax-3. Ia mengatakan bahwa seluruh awak pesawat sudah siap karena mereka telah berlatih sejak misi Ax-1 dilaksanakan.

Mantan Astronaut NASA dengan kewarganergaraan ganda, yaitu Amerika Serikat dan Spanyol, itu akan terbang bersama Astronaut Swedia Marcus Wandt. Meski sebelumnya status Wandt hanya astronaut cadangan, Wandt akhirnya ditugaskan untuk bergabung ke misi Ax-3.

Wandt mengaku senang bisa dipanggil dalam misi ini karena latar belakangnya merupakan pilot dari pesawat tempur dan penguji dari para pilot. Selain López-Alegría dan Wandt, masih ada dua awak pesawat lainnya.

Dua awak ini adalah Walter Villadei, seorang Kolonel Angkatan Udara Italia, dan Alper Gezeravcı yang berasal dari Turki. Misi Ax-3 sendiri akan menjadi misi keenam bagi López-Alegría, misi kedua bagi Villadei, dan misi pertama untuk Wandt serta Gezeravcı.

Sebagai informasi, Axiom Space berencana meluncurkan Ax-3 dari Kennedy Space Center NASA yang berada di Florida. Ax-3 akan diluncurkan dengan pesawat ruang angkasa Crew Dragon dan roket Falcon 9 milik SpaceX.