Axiom Space Akhirnya Akan Meluncur ke Stasiun Luar Angkasa untuk Lakukan Eksperimen
NASA) akhirnya menyetujui misi pribadi yang akan dilakukan oleh Axiom Space (foto: Dok. NASA Gov)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah menunggu bertahun-tahun Badan Antariksa Nasional Amerika (NASA) akhirnya menyetujui misi pribadi yang akan dilakukan oleh Axiom Space untuk menuju ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Diketahui, Axiom Space adalah perusahaan luar angkasa swasta yang bertujuan untuk tidak hanya menyediakan penerbangan komersial ISS, tetapi juga pada akhirnya memiliki dan mengoperasikan stasiun ruang angkasa pribadinya sendiri. Misi, yang disebut Axiom Mission 1, akan membawa empat pelancong dikirim ke ISS.

"NASA dan mitra internasionalnya telah menyetujui kru Axiom Mission 1 untuk misi astronot pribadi pertama ke ISS melalui Panel Operasi Kru Multilateral," ungkap NASA.

Mereka termasuk mantan astronot NASA Michael López-Alegría, yang terbang dalam tiga misi Pesawat Ulang-alik dan sebelumnya tinggal di ISS untuk satu misi. Dia juga memegang rekor jumlah jam perjalanan luar angkasa terbanyak yang dihabiskan oleh orang Amerika, dengan total 67 jam di 10 perjalanan luar angkasa yang dia lakukan selama karirnya.

Selain López-Alegría, adapula kru Larry Connor, Mark Pathy, dan Eytan Stibbe, masing-masing dari AS, Kanada, dan Israel. Semua kru yang akan menuju ke ISS telah rampung menjalani pemeriksaan medis.

Axion Mission 1 akan diluncurkan pada 28 Februari 2022, dengan masa tinggal delapan hari di stasiun yang mengorbit Bumi itu. Menurut Axiom Space, kru akan melakukan penelitian selama menetap di sana.

“Anggota awak Ax-1 akan mendedikasikan misi delapan hari mereka di ISS melakukan penelitian inovatif yang dikembangkan untuk gayaberat mikro atas nama organisasi besar mulai dari rumah sakit hingga perusahaan teknologi. Temuan penting dari rangkaian eksperimen yang ekstensif akan kembali ke Bumi dan umat manusia," jelas Axiom Space dalam web resminya.

Dari laporan yang dikutip Slashgear, Rabu, 22 Desember, Axiom Space harus merogoh kocek 55 juta dolar AS untuk misi 10 hari ke ISS, yang mencakup biaya perjalanan ke dan dari stasiun, menginap di stasiun itu sendiri, dan pelatihan untuk misi tersebut.

Sebagai informasi, ISS telah menjadi tempat untuk berbagai misi pribadi dalam beberapa bulan terakhir, termasuk kru film dan aktris Rusia yang sedang mengerjakan film yang sebagian diambil di luar angkasa, dan terakhir terdapat perjalanan baru-baru ini oleh tiga turis luar angkasa Jepang.