Kru Misi Axiom 3 Gagal Pulang Tepat Waktu karena Kondisi Cuaca
 Pesawat Dragon yang masih merapat ke ISS (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Axiom Space, dan SpaceX berencana memulangkan kru Misi Axiom 3 pada Sabtu, 3 Februari, tetapi rencana ini harus dibatalkan.

Pesawat ruang angkasa Dragon, yang membawa empat astronot, tidak bisa kembali kembali ke Bumi karena kondisi cuaca yang tidak mendukung. SpaceX, pemilik Dragon, mengumumkan bahwa kepulangan Axiom 3 diundur menjadi 5 Februari.

Proses undocking atau pelepasan pesawat dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pun harus dibatalkan dipercobaan berikutnya. Kondisi cuaca masih belum pulih menurut SpaceX dan ISS sehingga tanggal kepulangan diundur kembali menjadi 6 Februari.

Rencananya, proses undocking akan dilakukan pada pukul 12 siang waktu Florida. Manager dari NASA, Axiom Space, dan SpaceX pun ikut meninjau kondisi cuaca agar keempat kru bisa segera pulang dalam keadaan selamat.

Jika keadaan cuaca masih tidak stabil, NASA mengatakan bahwa, “(Kami akan) menetapkan peluang target baru untuk keberangkatan stasiun luar angkasa dan pendaratan pesawat ruang angkasa Dragon dan anggota awak Axiom.”

Komandan Michael López-Alegría, Pilot Walter Villade, Spesialis Misi Marcus Wandt, dan Spesialis Misi Alper Gezeravci telah menghabiskan waktu selama dua minggu di ISS. Keempat astronot itu telah melakukan puluhan eksperimen ilmiah.

Berbagai eksperimen yang mereka lakukan adalah penelitian gaya gravitasi mikro, demonstrasi teknologi, dan eksperimen sains yang berguna bagi pendidikan. Keempat kru ini juga memetakan jalur menuju stasiun komersial milik Axiom.