NASA Masih Jatuh Cinta dengan Axiom Space, Dipilih Lagi untuk Misi Astronot Swasta Ketiganya ke ISS
NASA telah memilih Axiom Space untuk misi astronot swasta ketiga ke Stasiun ISS. (foto: dok. nasa)

Bagikan:

JAKARTA - NASA telah memilih Axiom Space untuk misi astronot swasta ketiga ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), yang ditargetkan meluncur tidak lebih awal dari November 2023.

“Penerbangan kru komersial NASA ke stasiun luar angkasa untuk astronot pemerintah kami membuka jalan bagi misi yang sepenuhnya pribadi ke luar angkasa seperti Inspiration4 dan Polaris serta misi astronot swasta ke laboratorium yang mengorbit seperti yang kami umumkan hari ini,” ungkap direktur dari ruang komersial di Markas Besar NASA di Washington, Phil McAlister, dikutip dari laman resmi NASA, Kamis, 16 Maret.

"Kami mulai melihat penggabungan ruang ke dalam lingkup ekonomi kami, dan ini akan merevolusi cara orang melihat, menggunakan, dan merasakan ruang," imbuhnya.

Misi tersebut, yang dijuluki Axiom Mission 3 (Ax-3), rencananya akan diluncurkan dari NASA Kennedy Space Center (KSC) di Florida, Amerika Serikat (AS).

Tanggal yang lebih spesifik akan diumumkan kemudian, karena akan bergantung pada waktu penerbangan lain ke ISS, serta perencanaan aktivitas di orbit.

“Ketika fokus NASA bergeser kembali ke Bulan dan ke Mars, kami berkomitmen untuk mengubah orbit rendah Bumi menjadi pasar ruang angkasa global, di mana akses ke ruang angkasa bergerak melampaui mitra ISS ke negara, institusi, dan individu dengan ide-ide baru, memicu ekonomi manusia yang berkembang di luar Bumi," ujar CEO dan presiden Axiom Space, Michael Suffredini.

Ax-3 akan berlabuh selama 14 hari di stasiun yang mengorbit Bumi itu. Namun, sebelum Ax-3 diluncurkan, Ax-2 harus menuju ISS terlebih dahulu. Ini juga misi kru yang dioperasikan oleh perusahaan, dan diharapkan diluncurkan pada kuartal kedua 2023.

Ax-1 diluncurkan pada April 2022 dan berlabuh di ISS selama 15 hari. Lebih lanjut, saat ini Ax-3 masih dalam tahap awal, Axiom Space diwajibkan untuk mengajukan empat anggota kru dan dua kru cadangan untuk misi.

Tetapi NASA mewajibkan semua penyedia misi astronot swasta untuk memilih astronot NASA yang telah terbang sebelumnya sebagai komandan pesawat ruang angkasa. Lebih dahulu, Ax-2 dipimpin oleh pensiunan astronot NASA Peggy Annette Whitson.

Anggota kru Ax-3 akan berlatih untuk penerbangan mereka dengan NASA, mitra internasional, dan SpaceX, yang telah dikontrak oleh Axiom Space sebagai penyedia peluncuran untuk transportasi ke dan dari ISS.

Serta untuk membiasakan astronot swasta dengan sistem, prosedur, dan kesiapsiagaan darurat untuk ISS juga pesawat ruang angkasa Dragon.

Di bawah kesepakatan baru ini, NASA dapat meminta komandan kru untuk melakukan tugas tertentu atau eksperimen sains saat berada di kapal.

Sementara itu, astronot Axiom Space akan dapat menggunakan kargo NASA dan sumber daya orbit lainnya untuk penggunaan sehari-hari.