Bagikan:

JAKARTA - Tidak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi menghadirkan banyak peluang baru di berbagai sektor. Termasuk kehadiran teknologi Virtual Reality (VR) yang telah membuka babak baru dalam dunia pariwisata.

Sebagai perusahaan penyedia solusi AR/VR dan software untuk pendidikan dan industri lain, MOLCA mengatakan bahwa kehadiran VR di industri pariwisata akan memungkinkan banyak orang untuk menjelajahi destinasi tanpa batas. 

MOLCA pun menjabarkan beberapa manfaat yang akan didapatkan industri pariwisata ketika menerapkan teknologi VR ke layanannya, di antaranya adalah:

Menyatu dengan destinasi

VR akan memungkinkan pengguna untuk menjelajahi destinasi wisata tanpa harus meninggalkan rumah. Teknologi ini tidak hanya menawarkan visual yang mendetail, tetapi juga menciptakan pengalaman yang mendalam dengan suara 3D dan interaksi yang realistis.

Mengatasi batasan fisik dan geografis 

Salah satu keunggulan utama dari VR adalah kemampuannya untuk mengatasi batasan fisik dan geografis. Anda yang mungkin memiliki keterbatasan mobilitas atau anggaran, dapat menikmati destinasi impian mereka tanpa hambatan dengan VR.

Personalisasi dalam wisata

Lebih lagi, dengan VR, pengalaman wisata dapat dipersonalisasi sesuai dengan preferensi pengguna, apakah Anda ingin pergi ke negara tropis ataupun dingin. Teknologi ini memungkinkan Anda untuk mempelajari sejarah, budaya, dan keunikan setiap destinasi dengan cara yang interaktif dan mendalam.

Edukasi dan konservasi

Selain untuk rekreasi, VR juga memiliki potensi besar dalam bidang edukasi dan konservasi. Dengan membawa pengguna ke lokasi-lokasi bersejarah dan situs-situs alam yang dilindungi, VR dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian warisan budaya dan alam.