Bagikan:

JAKARTA – Organisasi Riset Antariksa India (ISRO) mengumumkan bahwa dua astronotnya akan mulai berlatih di AS dalam waktu dekat. Dua astronot ini akan dilatih untuk misi penerbangan ke stasiun antariksa.

Lembaga antariksa itu mengatakan bahwa dua astronot yang terpilih untuk berlatih di Johnson Space Center NASA adalah Shubhanshu Shukla dan Prasanth Balakrishnan Nair. Meski Ada dua, hanya satu astronot yang akan terbang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Shukla terpilih sebagai kru Axiom Mission 4 (Ax-4) yang digerakkan oleh Axiom Space, sedangkan Nair akan menjadi cadangan. Jika Shukla memiliki masalah atau keadaan yang membuatnya tidak bisa terbang, Nair akan menggantikan peran Shukla.

"(astronot) yang direkomendasikan akan memulai pelatihan mereka untuk misi tersebut mulai minggu pertama bulan Agustus 2024," kata ISRO melalui situs resminya.

Selama bergabung ke dalam misi Ax-4, Shukla beserta kru lainnya akan melakukan penelitian ilmiah dan berbagai eksperimen untuk demonstrasi teknologi. Tugas para astronot akan berkaitan dengan kegiatan yang menjangkau luar angkasa.

"Pengalaman yang diperoleh selama misi ini akan bermanfaat bagi Program Luar Angkasa Manusia India dan juga akan memperkuat kerja sama penerbangan luar angkasa manusia antara ISRO dan NASA," jelas ISRO.

Pelatihan astronot ISRO di fasilitas NASA merupakan bagian dari kerja sama antara India dan AS. Pada Juni tahun lalu, Perdana Menteri India Narendra Modi bertemu dengan Presiden AS Joe Biden sepakat untuk melakukan penelitian bersama di ISS.

Kesepakatan penelitian di ruang angkasa ini baru disepakati pada 17 Juni lalu setelah diplomat AS dan India bertemu di New Delhi. Kedua negara menyelesaikan Kerangka Strategis untuk Kerja Sama Penerbangan Luar Angkasa Manusia.