Cara Mudah Menambahkan Alamat Rumah di Google Maps Menggunakan Ponsel
Cara Mudah Menambahkan Alamat Rumah di Google Maps Menggunakan Smartphone (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Google Maps merupakan aplikasi navigasi yang dikembangkan oleh Google untuk mempermudah pengguna menemukan berbagai lokasi dengan menggunakan internet, salah satunya adalah alamat rumah.

Selain menemukan lokasi tertentu yang sudah terdaftar di Google Maps, pengguna juga dapat memasukkan alamat baru, seperti alamat rumah, alamat kantor, pusat perbelanjaan dan lainnya.

Cara memasukkan alamat baru di Google Maps pun sangat mudah, pengguna hanya perlu menambahkan tempat pada menu yang tersedia dengan mengikuti langkah yang ada di bawah artikel ini.

Jika Anda masih belum terbiasa untuk menambahkan alamat tertentu di Google Maps, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini supaya mempermudah pengguna internet.

Cara Menambahkan Alamat di Google Maps Menggunakan Smartphone

Untuk menambahkan alamat rumah di Google Maps menggunakan ponsel Android maupun iOS adalah pengguna membuka aplikasi Maps terlebih dahulu di perangkat Anda.

Biasanya, aplikasi Google Maps secara otomatis sudah terpasang di perangkat ponsel baik Android maupun iOS. Setelah membuka aplikasi tersebut klik ikon Kontribusi pada menu yang tersedia.

Selanjutnya, Anda dapat memilih opsi Edit Peta, dan Tambahkan atau perbaiki tempat. Pilih menu Tambahkan tempat yang belum ada, jika ingin menambahkan alamat baru, atau pilih perbaiki tempat jika Anda ingin memperbaiki alamat yang sudah ada.

Pengguna juga bisa langsung klik "Add Place" atau "Add a Missing Place", kemudian ikuti petunjuk selanjutnya.

Isi informasi tempat yang ingin Anda meliputi nama, kategori, alamat lokasi, jam operasional (jika memasukkan alamat kantor atau tempat usaha), kontak, situs web, hingga foto.

Setelah mengisi semua informasi yang dibutuhkan, klik Send atau Kirim, dan permintaan Anda untuk memasukkan alamat baru di Google Maps akan segera diproses.

Tunggu beberapa saat sampai permintaan Anda dikonfirmasi. Jika sudah disetujui, maka alamat rumah Anda atau tempat yang Anda daftarkan ke Google Maps akan muncul saat pengguna melakukan pencarian dan mengetik alamat yang Anda masukkan.

Itulah cara yang dapat Anda lakukan untuk menambahkan alamat di Google Maps menggunakan ponsel Android atau iOS. Pengguna pun dapat memasukkan beberapa alamat rumah, toko, dan tempat lain milik Anda.

Jika ingin memasukkan alamat tempat yang bukan milik Anda ke Google Maps, pastikan bahwa hal tersebut sudah disetujui oleh pemilik tempat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.