Cara Mudah Ubah Ukuran Font di WhatsApp Supaya Lebih Nyaman dan Jelas
Cara Mudah Ubah Ukuran Font di WhatsApp Supaya Lebih Nyaman dan Jelas (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ukuran font yang digunakan dalam aplikasi pesan instan WhatsApp bisa diubah sesuai dengan keinginan penggunanya. Anda dapat memilih jenis font dalam kategori kecil, sedang, hingga besar untuk digunakan dalam pesan teks Anda.

Cara mengubah ukuran font di WhatsApp pun sangat mudah. Pengguna bisa menggantinya setiap saat jika merasa ukuran font yang digunakan dirasa kurang nyaman, atau kurang jelas karena terlalu kecil.

Pasalnya, bagi sebagian orang yang mengalami masalah pada penglihatan, seperti mata minus dan sebagainya, ukuran font WhatApp yang terlalu kecil dapat membuat mereka kesulitan menggunakan platform tersebut.

Oleh karenanya, mengubah ukuran font yang digunakan pada teks WhatsApp Anda bisa menjadi salah solusi. Di bawah ini, tim VOI telah menyusun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengubah ukuran font WhatsApp.

Cara Mengubah Ukuran Font WhatsApp di Smartphone

Untuk mengubah ukuran font yang Anda gunakan di WhatsApp versi smartphone Android, pengguna dapat membuka aplikasi tersebut di smartphone Anda dan pilih ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas halaman utama WhatsApp.

Selanjutnya, pilih menu Setting atau Pengaturan pada menu yang tersedia dan pilih menu Chat atau Obrolan. Setelah itu, pilih Ukuran Font.

Setelah memilih menu tersebut Anda dapat mengubah ukuran font menjadi kecil, sedang, atau besar, sesuai dengan kebutuhan dan membuat Anda nyaman saat menggunakan pesan instan WhatsApp.

Dengan demikian, ukuran font pada teks WhatsApp di perangkat Anda berubah sesuai dengan pilihan yang Anda tetapkan. Pengguna pun dapat mengirim pesan dengan nyaman menggunakan WhatsApp.

Sementara itu, untuk WhatsApp yang terpasang di smartphone iOS atau iPhone, memiliki perbedaan untuk mengubah ukuran teks yang digunakan dibanding dengan WhatsApp di Android.

Jika Anda menggunakan aplikasi WhatsApp di iOS atau iPhone, pengguna dapat mengubah ukuran font WhatsApp dengan masuk ke menu Setting atau Pengaturan perangkat Anda.

Setelah masuk ke menu Pengaturan, pengguna dapat masuk ke menu Tampilan dan Kecerahan, kemudian pilih opsi Ukuran Teks.

Gulir slide ke samping untuk memilih ukuran teks. Pengguna akan ditunjukkan pratinjau dari ukuran teks yang Anda pilih setiap kali menggeser slide.

Jika ukuran teks yang ada pada menu Pengaturan iPhone masih belum cukup, pengguna dapat memilih ukuran font yang lebih besar dengan masuk ke menu Setting atau Pengaturan kembali.

Kemudian pilih menu General atau Umum, dan pilih menu Aksesibilitas. Selanjutnya, pilih menu Teks Lebih Besar.

Namun, jika Anda menggunakan ukuran teks tersebut di iPhone Anda, maka font di WhatsApp Anda akan menutup ikon profil yang Anda. Tampilan WhatsApp pun akan menjadi full teks supaya mempermudah penggunanya untuk membaca pesan.

Demikianlah cara untuk mengganti ukuran font WhatsApp di smartphone Android dan iOS yang dapat Anda coba untuk membuat pengguna lebih nyaman.