Cara Mudah Membuka Smartphone yang Terkunci karena Lupa Pola Pattern
Cara Mudah Membuka Smartphone yang Terkunci karena Lupa Pola Pattern (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagi sebagian pengguna smartphone, pattern menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk menjaga privasi mereka karena orang lain tidak dapat membuka perangkat mereka dengan mudah.

Penggunaan pola pattern sebagai kunci layar smartphone pun lebih mudah digunakan dibanding password atau PIN, yang menggunakan beberapa kombinasi angka dan huruf sehingga terkadang pengguna sering lupa.

Akan tetapi, tidak jarang pengguna smartphone Android yang menggunakan pola pattern mengalami masalah saat membuka kunci layar perangkat mereka. Apalagi jika Anda baru menggunakan pola pattern di smartphone sehingga tidak begitu ingat dengan pola yang dibuat.

Oleh karena itu, pengguna harus berhati-hati dalam membuat pola di smartphone Anda. Jangan sampai karena ingin menjaga privasi, Anda sendiri tidak bisa membuka perangkat milik Anda sendiri.

Jika pengguna mengalami masalah seperti salah memasukkan pola pattern di smartphone sehingga perangkat Anda tidak bisa dibuka, di bawah ini tim VOI telah menyusun langkah-langkah yang dapat Anda gunakan untuk membukanya.

Cara Mengatasi Pola Kunci yang Salah

Jika pengguna melakukan kesalahan saat memasukkan pola pattern di smartphone Anda sebanyak 5 kali, maka secara otomatis Anda tidak bisa memasukkan pola pattern lagi hingga 30 detik sejak percobaan terakhir.

Dalam kurun waktu tersebut, apabila Anda tidak yakin dengan pola pattern yang Anda buat, pengguna dapat memilih menu Lupa Password pada bawah layar smartphone Anda, tepatnya pada bagian bawah menu pattern.

Selanjutnya masukkan PIN cadangan yang Anda buat pada saat membuat pola pattern di pengaturan smartphone Anda. Setelah itu klik Ok untuk melanjutkan proses pengubahan pola.

Jika menu tersebut tidak muncul, atau Anda juga tidak mengingat pin cadangan smartphone Anda, pengguna dapat masuk menggunakan akun Google yang tersambung di perangkat Anda.

Klik menu masuk dengan Google pada tampilan smartphone kemudian, klik Masuk atau Login. Setelah itu, masukkan akun email Google Anda berupa username dan password.

Setelah berhasil masuk, maka pola pattern yang ada di perangkat Anda akan terhapus dan pengguna bisa membuat pola yang baru supaya bisa membuka kunci layar smartphone Anda.

Setelah itu, kembali ke menu utama dan coba buka smartphone Anda menggunakan pola pattern yang baru saja Anda buat. Dengan demikian perangkat Anda sudah bisa digunakan lagi.

Itu tadi cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah pola pattern yang salah di smartphone Anda. Pengguna dapat melakukan langkah-langkah di atas supaya bisa menggunakan smartphone Anda lagi.