Google Merombak Tampilan Komentar di Dokumen, Spreadsheet, dan Slide
Tampilan Komentar yang berubah di Dokumen (foto: dok. Google)

Bagikan:

 

JAKARTA – Google membuat perubahan besar di tiga perangkat lunak yang mereka kembangkan, yaitu Dokumen, Spreadsheet, dan Slide. Perubahan ini terlihat pada tampilan pengelolaan Komentar.

Melalui blog perusahaan, Google mengatakan bahwa mereka ingin memudahkan pengguna dalam menggunakan kolom komentar. Mereka juga ingin meningkatkan interaksi para pengguna melalui kartu komentar hingga ikon yang diperbarui.

Dalam pembaruan yang akan dirilis pada 1 Maret mendatang, pengguna bisa melihat perubahan tampilannya melalui empat fitur untuk komentar, yaitu Tampilkan Semua Komentar, Perluas Komentar, Minimalkan Komentar, hingga Sembunyikan Komentar.

Fitur Tampilkan Semua Komentar akan memperlihatkan komentar dari seluruh pengguna. Anda bisa melihat nama akun yang meninggalkan komentar dam foto profil akun yang berkomentar di dalam kotak berwarna biru. Pengguna juga bisa memanfaatkan fungsi filter.

“Sekarang Anda dapat menggunakan fungsi pencarian dan filter yang diperbarui untuk fokus pada komentar yang paling relevan. Anda juga akan melihat daftar 'Untuk Anda' yang dikurasi, yang menampilkan semua komentar yang perlu Anda ambil tindakan," jelas Google.

Sementara itu, fitur Perluas Komentar dan Minimalkan Komentar hanya ada di Dokumen dan Slide. Perluas Komentar akan memperlihatkan seluruh komentar yang ada di samping konten, sementara Minimalkan Komentar akan membuat tampilannya menghilang dan berubah menjadi ikon.

Terakhir, ada fitur Sembunyikan Komentar yang fungsinya masih sama. Saat mengeklik fitur ini, komentar akan disembunyikan dan pengguna bisa fokus pada konten yang sedang dikerjakan. Namun, tampilan fiturnya akan mengalami perubahan.

Meski pembaruannya akan dirilis pada awal Maret, pengguna harus menunggu satu sampai tiga hari hingga tampilan fiturnya berubah. Pembaruan ini bisa dirasakan oleh seluruh pelanggan Google Workspace dan pengguna akun Google Pribadi.