Google Akan Tambahkan Dua Paket Baru untuk Google Workspace
 Google luncurkan paket Gemini di Workspace (foto: dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA – Google berencana menambahkan dua paket baru di Google Workspace, yaitu Gemini Business dan Gemini Enterprise. Dua paket ini menggunakan model Kecerdasan Buatan (AI) Gemini Ultra 1.0.

Berdasarkan rilis pembaruan yang dibagikan oleh Google, mengutip dari 9to5google, paket yang baru diluncurkan ini akan memberikan perlindungan data yang lebih baik. Google juga akan menambahkan beberapa fitur berbasis AI.

Menurut Google, penambahan Gemini ke Workspace merupakan keputusan yang tepat. Pasalnya, para pekerja atau pebisnis lebih membutuhkan teknologi canggih seperti Gemini. Oleh karena itu, Google meluncurkan Gemini Business dan Enterprise.

“Dengan paket Gemini Business dan Gemini Enterprise, Anda dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas Anda dengan akses ke salah satu model kami yang paling canggih sekaligus percaya bahwa percakapan Anda tidak digunakan untuk melatih model Gemini," jelas Google.

Kehadiran Gemini Business dan Enterprise ini merupakan bagian dari Duet AI yang diperkenalkan sejak akhir tahun lalu. Dari halaman Duet AI, dijelaskan bahwa Gemini akan ditambahkan ke Dokumen, Gmail, Slide, Spreadsheet, dan Google Meet.

Untuk Dokumen, layanan Gemini Business atau Enterprise bisa memberikan bantuan dalam hal kepenulisan seperti membuat proposal atau membuat rangkuman acara. Sama seperti Dokumen, Duet AI di Gmail juga membantu dalam urusan kepenulisan.

Selain itu, pengguna Google Workspace bisa membuat visualisasi atau gambar untuk mendukung presentasi di Slide, membuat susunan acara atau proyek dengan cepat di Spreadsheet, dan membuat background AI generatif di Google Meet.

Google tidak menjelaskan perbedaan dari paket Gemini Business dan Enterprise. Belum diketahui juga harga untuk dua paket tersebut, tetapi paket berlangganan Duet AI dibanderol dengan harga 30 dolar AS (Rp459 ribu) per bulan.