Bagikan:

 

JAKARTA – Google Drive kembali meluncurkan tampilan baru khusus untuk pelanggan Google Workspace. Tampilan ini akan membawa tiga pembaruan, mulai dari filter chip hingga desain modern.

Dengan hadirnya tampilan yang diperbarui ini, Google Drive ingin mempercepat produktivitas para pengguna dalam mengakses platform mereka. Pembaruan ini ditambahkan di tampilan utama yang saat ini tertulis sebagai Home atau Beranda.

Pengguna Google Drive akan melihat Saran yang dipersonalisasi dengan algoritma pembelajaran mesin. Saran ini bisa membantu Anda mencari berbagai jenis file dengan pilihan menu file dan folder di deretan Saran.

Pembaruan lain yang Google tambahkan adalah filter chip untuk mempersempit pencarian. Tepat di samping Saran, Google Drive akan memperlihatkan opsi menemukan file berdasarkan jenis, orang, tanggal modifikasi, dan lokasi.

Terakhir, pengguna akan mendapatkan pembaruan desain yang dibuat lebih modern. Desain ini telah menerapkan pedoman Google Material Design 3. Desain ini dibuat untuk mempermudah pengguna dalam bernavigasi di Google Drive.

Sebagai informasi, tanda Beranda merupakan pengganti untuk tanda Drive Saya. Tanda ini akan muncul secara otomatis tanda perlu diaktifkan terlebih dahulu. Namun, pengguna bisa mengubah tanda tersebut ke tampilan semula.

Untuk mengembalikan tanda Beranda ke Drive Saya, pengguna hanya perlu mengetuk menu Ubah ke Drive Saya saat melihat banner di Beranda. Setelah diketuk, tanda Drive Saya akan kembali seperti semula.

Perlu ditekankan bahwa tampilan terbaru ini hanya bisa didapatkan oleh pelanggan Google Workspace. Pembaruan ini akan selesai diluncurkan pada bulan Januari tahun depan dan akan diuji pada bulan Mei.