Halaman Utama Google Drive Mendapatkan Pembaruan Tata Letak
Tampilan Google Drive situs web sebelum berubah/DOK Google

Bagikan:

JAKARTA – Google memperbarui halaman Beranda situs web Drive pada November 2023. Kini, halaman Beranda itu mengalami peningkatan dengan kotak pencarian dan seluruh filter yang dipindahkan.

Sebelumnya, kotak pencarian ditempatkan sejajar dengan logo dan ikon seperti pengaturan hingga profil. Namun, pada pembaruan yang baru dirilis, kotak pencarian dipindahkan sedikit ke bawah. Ini membuat sisi di samping logo menjadi kosong.

Selain mengubah tata letak dari kotak pencarian, Google juga membuat posisi fitur tersebut berubah. Selama bertahun-tahun, kotak pencarian terlihat merapat ke sisi kiri. Sekarang, fitur tersebut berada persis di bagian tengah layar.

Filter pencarian berdasarkan Tipe, Orang, Modifikasi, dan Lokasi pun ikut berpindah tempat. Seluruh menu dropdrown ini masih berada di bawah kotak pencarian sehingga posisinya menjadi ikut ke tengah. Filter Saran tidak mengalami perubahan.

Seluruh pembaruan ini sudah diluncurkan ke situs web Google Drive bagi pelanggan Workspace, Workspace Individual, dan akun Google pribadi. Namun, peluncurannya masih dilakukan secara bertahap.

 

Perubahan tata letak ini akan terjadi secara otomatis, tetapi pengguna bisa menonaktifkan fiturnya. Jika nantinya Anda melihat perubahan dari tata letak tersebut dan merasa tidak menyukainya, Anda bisa mengubah tampilannya.

Anda hanya perlu membuka Pengaturan, kemudian cari menu untuk mengubah halaman awal default dari Google Drive. Saat fiturnya dinonaktifkan, tampilan halaman Beranda akan kembali seperti sebelumnya.