Kontroversi Elon Musk di X, Analis Prediksi Adanya Peningkatan Pengiklan yang Mundur
Platform diprediksi akan kehilangan banyak sumber iklan. (foto. dok. x)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa pengiklan diperkirakan akan meninggalkan platform media sosial X milik Elon Musk setelah miliarder tersebut menghujat sejumlah nama besar dalam industri media yang keluar dari platform. Hal ini dikatakan para analis pada Kamis, 30 November.

Walt Disney  dan Warner Bros. Discovery sudah  menangguhkan iklan di X awal bulan ini setelah Musk memberikan dukungannya terhadap posting antisemitik yang dengan tidak benar menyatakan anggota komunitas Yahudi memprovokasi kebencian terhadap orang kulit putih.

Setelah meminta maaf atas postingannya dalam acara New York Times DealBook pada Rabu, 29 November, Musk melepaskan amarah dengan kata-kata kasar terhadap sejumlah pengiklan yang meninggalkan platform.

Pemimpin Tesla ini mengakui bahwa boikot yang berlanjut oleh pengiklan dapat mengakibatkan kebangkrutan X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, tetapi menyarankan bahwa masyarakat akan menyalahkan merek-merek tersebut dan bukan dirinya atas potensi kejatuhan tersebut.

Perusahaan ini telah dikritik karena moderasi konten yang kurang ketat, terutama dari pengiklan yang tidak ingin iklan mereka muncul di sebelah konten yang tidak pantas.

"Kami percaya ada risiko bahwa lebih banyak perusahaan akan berhenti mengiklankan di X, setidaknya untuk sementara waktu," kata analis D.A. Davidson & Co Tom Forte.

"Adil untuk mengatakan bahwa ini membuat upaya langganan perusahaan lebih penting dan berpotensi berarti bahwa lebih dari setengah pendapatannya mungkin harus berasal dari langganan," katanya.

Pendapatan iklan bulanan di X di AS telah turun setidaknya 55% tahun ke tahun setiap bulan sejak Musk membeli perusahaan itu pada Oktober 2022.

"Musk menyatakan bahwa Twitter sekarang bernilai lebih sedikit dari 44 miliar dolar AS yang dia bayarkan untuk itu. Sulit untuk berpendapat bahwa itu akan berubah dengan cepat jika pengiklan merasa tersinggung dengan apa yang dikatakannya kemarin," kata Russ Mould, direktur investasi di AJ Bell.