Bagikan:

 

JAKARTA – Per 1 Desember, Google akan mulai menghapus akun yang tidak aktif selama lebih dari dua tahun. Kondisi ini mungkin membuat Anda sadar bahwa Anda memiliki akun yang terlupakan.

Jika Anda ingin kembali memasuki akun tersebut, tetapi lupa alamat akunnya, Anda bisa mencari akun melalui halaman temukan email Anda di Google. Akun ini bisa dicari dengan syarat akun tersebut dikaitkan ke alamat email yang lain atau nomor telepon.

Mengutip dari The Verge, Anda bisa langsung memasukkan email atau nomor telepon untuk memulihkan akun tersebut, kemudian pilih Berikutnya hingga Google menanyakan nama Anda.

Selanjutnya, Google akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat email atau nomor telepon yang terkait dengan akun yang Anda cari. Setelah mendapatkan kode verifikasi, masukkan ke halaman yang Google tampilkan.

Berikutnya, Google akan menampilkan sederet akun Google yang terdaftar dengan akun email atau nomor telepon yang Anda masukkan sebelumnya. Kini, Anda sudah tahu alamat email dari akun Google yang Anda lupakan.

Untuk masuk ke dalam akun yang ditampilkan Google, ketuk akun tersebut hingga Anda diminta memverifikasi diri dengan mengisi kotak CAPTCHA. Setelah itu, masukkan kata sandi dari akun tersebut.

Tidak perlu khawatir jika Anda melupakan kata sandinya. Anda bisa memilih opsi lupa kata sandi? dan Google akan mengirimkan kode verifikasi ke email atau nomor telepon yang Anda gunakan sebelumnya.

Selanjutnya, masukkan kode verifikasi hingga Anda diminta mengganti kata sandi. Jika sudah melalui seluruh tahapan ini, akun Anda sudah pulih kembali. Anda bisa memasukkan email dari awal dan memasukkan kata sandi yang baru.

Itu dia cara mengembalikkan akun yang telah Anda lupakan. Pastikan untuk memeriksa akun Anda secara berkala, khususnya akun yang sudah tidak aktif selama bertahun-tahun, agar Google tidak menghapus akunnya.