Bagikan:

JAKARTA - Sebuah laporan Uni Eropa pada Rabu 29 November menyatakan bahwa wanita menjadi sasaran utama ujaran kebencian online. Ini termasuk bahasa pelecehan, pelecehan, dan hasutan kekerasan seksual.

Ini seharusnya mendorong Uni Eropa dan platform media sosial untuk memperhatikan karakteristik yang dilindungi seperti gender dan etnis saat memoderasi konten. Hal ini dikatakan oleh Badan Hak Asasi Manusia Uni Eropa (FRA) dalam laporannya.

Studi ini dilakukan di YouTube, Telegram, Reddit, dan X - sebelumnya dikenal sebagai Twitter - di empat negara UE antara Januari dan Juni 2022. Hasilnya menunjukkan bahwa wanita adalah target utama di semua platform dan negara yang terlibat. Kelompok lain yang terpengaruh termasuk orang-orang keturunan Afrika, Roma, dan Yahudi.

Jumlah postingan kebencian yang menargetkan wanita hampir tiga kali lipat dari yang menargetkan orang keturunan Afrika di Bulgaria, Jerman, Italia, dan Swedia, empat negara yang dicakup oleh laporan tersebut.

"Volume kebencian yang kami identifikasi di media sosial dengan jelas menunjukkan bahwa Uni Eropa, Negara-Negara Anggotanya, dan platform online dapat meningkatkan upaya mereka untuk menciptakan ruang online yang lebih aman untuk semua pihak," kata direktur FRA Michael O'Flaherty dalam sebuah pernyataan, yang dikutip VOI dari Reuters.

Di bawah Digital Services Act Uni Eropa, yang mulai berlaku tahun lalu, memaksa platform teknologi besar dan mesin pencari harus melakukan lebih banyak usaha untuk menangani konten berbahaya dan ilegal atau menghadapi denda.

Pada Oktober, Komisi Eropa membuka penyelidikan resmi terhadap upaya Meta  induk Facebook, TikTok, dan X untuk menghapus konten berbahaya dari platform mereka.

Raksasa teknologi menghadapi pengawasan yang semakin meningkat belakangan ini, dengan lonjakan konten berbahaya dan disinformasi setelah perang Israel-Hamas. FRA mengatakan tidak dapat mengakses data dari Facebook dan Instagram untuk studi ini.