Google Luncurkan Fitur Talk to a Live Representative di Search Labs
Google hadirkan fitur Talk to a Live Representative (foto: dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA – Google Search Labs, fitur eksperimen untuk penelusuran, meluncurkan fitur bernama Talk to a Live Representative. Fitur ini dibuat untuk permintaan panggilan ke layanan tertentu.

Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu menghubungi layanan pelanggan tertentu dan membuat pulsanya terkuras. Mereka hanya perlu meminta panggilan dan menunggu hingga pihak perwakilan menghubungi perangkatnya.

Fitur Talk to a Live Representative akan muncul saat pengguna mencari nomor layanan tertentu di Google Search. Tepat di bawah informasi nomor yang dapat dihubungi, pengguna yang sudah mengaktifkan Search Labs akan melihat menu Request a Call.

Untuk menggunakan fitur tersebut, klik menu yang terlihat. Setelah itu, pilih masalah yang ingin disampaikan ke pihak layanan pelanggan. Misalnya, pengguna menghubungi maskapai penerbangan karena masalah bagasi, tertinggal pesawat, atau masalah lainnya.

Setelah mengisi masalah dan nomor telepon yang dapat dihubungi, Google meminta pengguna untuk menunggu selama 45 hingga 60 menit. Selama menunggu, Google akan menghubungi nomor layanan pelanggan dan menghubungkan perwakilannya kepada pengguna.

“Simpan saja ponsel Anda di dekat Anda. Ketika perwakilan langsung sedang menelepon, Anda akan mendapat panggilan,” tulis Google di bagian atas form permintaan panggilan, sejajar dengan penjelasan waktu menunggu.

Fitur Talk to a Live Representative tidak tersedia untuk semua layanan pelanggan. Saat ini, fitur tersebut hanya tersedia untuk tiga puluh perusahaan, beberapa di antaranya adalah Samsung, Walmart, Gamestop, Fedex, dan lainnya.

Google mengonfirmasi kepada 9to5google bahwa fitur Talk to a Live Representative tersedia untuk pengguna Android dan iOS di Amerika Serikat. Perusahaan tersebut tidak menjelaskan kapan fitur ini akan diperluas ke negara lain.