Google Hadirkan Fitur Latihan Percakapan di Search Labs, Tersedia di Indonesia!
Speaking Practice di Search Labs (foto: tangkapan layar Search Labs)

Bagikan:

JAKARTA – Google menambahkan fitur baru ke dalam Speaking Practice, program yang ditambahkan ke dalam Search Labs pada Oktober tahun lalu. Fitur yang Google tambahkan adalah latihan percakapan bahasa Inggris.

Awalnya, Speaking Practice hanya bisa mengoreksi atau memberikan feedback dari bahasa Inggris yang pengguna ucapkan. Sekarang, pengguna Search Labs bisa melatih cara mereka dalam berbicara karena Google akan membalas ucapannya.

Misalnya, Anda bercerita bahwa sweater yang Anda gunakan menghilang saat bermain di taman. Saat cerita Anda diterima, fitur latihan percakapan akan menganggapi cerita Anda. Setelah itu, Anda bisa kembali bercerita untuk mendapatkan respons.

Ini merupakan cara yang menarik dalam mempelajari bahasa asing. Meskipun mempelajari grammar atau susunan kata sangat penting, Anda juga harus melatih cara Anda berbicara. Oleh karena itu, fitur dari Speaking Practice akan sangat berguna.

Fitur latihan percakapan sudah ditambahkan ke dalam Speaking Practice dan bisa digunakan oleh pengguna Search Labs di beberapa negara, di antaranya adalah Argentina, Kolombia, India, Meksiko, dan Venezuela. Fitur ini juga tersedia di Indonesia.

Saat ini, fitur feedback dan latihan percakapan hanya tersedia dalam bahasa Inggris sehingga program ini hanya cocok bagi pengguna yang ingin mempelajari bahasa tersebut. Belum diketahui apakah Google akan menambahkan bahasa lain dalam waktu dekat.

Jika Anda tertarik untuk berlatih menggunakan Speaking Practice, Anda harus mengaktifkan Search Labs terlebih dahulu. Buka situs web Search Labs melalui Google Search, lalu aktifkan menu Speaking Practice. Untuk berlatih, Anda bisa mengetuk opsi Try an example.