Bagikan:

JAKARTA - Dalam acara Google I/O yang diselenggarakan pada bulan Mei lalu, Google menyampaikan langkah pertama kami di era baru Google Search dengan memperkenalkan Search Labs, sebuah cara baru untuk mengakses eksperimen di Google Search dengan kemampuan AI generatif. 

Sekarang, Google Indonesia umumkan bahwa Search Labs dan Search Generative Experience (SGE), akan hadir di Indonesia dan akan tersedia dalam Bahasa Indonesia, menjadi salah satu dari  6 bahasa lain yang tersedia di seluruh dunia. 

"Eksperimen terbaru kami akan membantu pengguna memahami berbagai macam topik, mendapatkan sudut pandang dan wawasan baru, mengakses informasi yang mereka perlukan, dan menyelesaikan berbagai aktivitas dengan lebih mudah," tulis Google dalam pengumumannya, dikutip Jumat, 10 November. 

Apa Kelebihannya? 

Dengan AI generatif, Google Search akan mempermudah semua kompleksitas proses itu untuk Anda. Nantinya, Anda akan melihat ringkasan buatan AI yang berisi informasi penting untuk dipelajari, dan link-link relevan untuk menggali informasi lebih dalam. 

Misalnya, ketika Anda memasukan keyword “belajar ukulele vs gitar”. Dengan pengalaman baru ini, Anda akan melihat ringkasan buatan AI yang berisi informasi yang disertakan dengan link-link relevan untuk menggali informasi lebih dalam. 

Di bawah ringkasan tersebut, Anda akan melihat saran langkah-langkah selanjutnya, dan Anda juga bisa mengajukan pertanyaan lanjutan seperti “Berapa lama untuk belajar ukulele?”. 

Jika Anda mengetuk pertanyaan tersebut, Anda akan diarahkan ke mode percakapan untuk bertanya langsung ke Google terkait topik yang sedang Anda eksplorasi.   

Untuk mendaftar, ketuk ikon Labs di Google app (Android and iOS) atau browser Chrome versi terbaru untuk memulai, dan kunjungi labs.google.com/search untuk mempelajari lebih lanjut.