Cara Menggunakan Fitur Google Search Berbasis AI: Hanya Perlu 3 Langkah Saja Untuk Mengaksesnya
Cara Menggunakan Fitur Google Search Berbasis AI (Gambar Daniel Romero-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Google akhirnya memperluas Search Generative Experience (SGE) ke lebih dari 120 negeri, termasuk Meksiko, Brasil, Korea Selatan, Indonesia, Nigeria, serta yang lain. Lantas bagaimana sih cara menggunakan fitur Google search berbasis AI?

SGE ialah perlengkapan baru Google yang sedang dibesarkan buat menemukan data lebih cepat serta lebih gampang di mesin pencariannya, berbasis artificial intelligence (AI).

Hasil penelusuran bakal berbentuk ringkasan dari AI serta pengguna bakal memperoleh akses lebih cepat ke informasi yang dicari. Lebih lanjut, SGE pula bakal menunjang 4 bahasa baru, yakni Spanyol, Korea serta Indonesia, yang menaikkan dukungannya saat ini buat bahasa Inggris, Hindi, dan Jepang.

Tidak hanya itu, Google pula meningkatkan sebagian fitur baru ke SGE, berikut deretan fitur baru SGE yang disitat dari The Verge, Kamis (9/11/2023).

Fitur Baru Search Generative Experience

1. Google saat ini lagi menguji kotak bacaan baru "minta tindak lanjut" yang timbul pas di halaman hasil SGE, yang maksudnya pengguna tidak butuh membuka jendela pecakapan terpisah SGE buat bertanya. Fitur ini bakal mulai diluncurkan beberapa minggu mendatang dalam bahasa Inggris di Amerika Serikat (AS).

2. Saat pengguna meminta terjemahan, Google Penelusuran saat ini bakal meminta pengguna mengklarifikasi satu kata yang bisa jadi mempunyai banyak arti. Fitur ini bakal ada buat terjemahan bahasa Inggris ke bahasa Spanyol dalam waktu dekat di AS, dengan lebih banyak negeri serta bahasa yang bakal ada.

3. Dalam hasil pencarian di SGE, Google bakal membiarkan pengguna mengarahkan kursor ke sebutan pengkodean serta kesehatan tertentu buat menekuni lebih lanjut tentang sebutan tersebut, yang menaikkan kemampuan mengarahkan kursor ke istilah sains, ekonomi, serta sejarah tertentu.

Cara Menggunakan Fitur Google Search Berbasis AI

1. Buka peramban Chrome di fitur yang Kalian pakai.

2. Navigasikan ke Google Penelusuran serta cari satu topik. SGE bekerja sangat baik dengan pertanyaan, namun dia bisa merespons pencarian standar pula.

3. Kalian wajib menunggu beberapa detik, setelah itu SGE bakal menunjukkan ringkasan yang dihasilkan AI di bagian atas halaman hasil pertama, bersama dengan beberapa kartu yang menghubungkan Kalian ke sumbernya serta beberapa persoalan lanjutan yang bisa jadi mau Kalian tanyakan. 

Jadi setelah mengetahui cara menggunakan fitur Google search berbasis AI, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!