Bagikan:

JAKARTA - Selama beberapa bulan terakhir, Google telah mencoba bereksperimen dengan alat AI Generatif nya untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna di Penelusuran. 

Google juga telah mencoba Search Generative Experience (SGE) di Search Labs, dan menambahkan kemampuan baru, mulai dari menghadirkan video dan gambar ke dalam respons terhadap informasi lokal dan rekomendasi perjalanan. 

Sekarang, Google mengungkapkan rencananya untuk memperluas pengalaman AI Generatif dalam SGE ke lebih banyak wilayah di seluruh dunia. 

"Kini, kami menghadirkan pengalaman AI generatif dalam Penelusuran (SGE) kepada lebih banyak orang, menjadikan Lab Penelusuran tersedia di India dan Jepang," tulis Hema Budaraju, Direktur Senior, Manajemen Produk, Pencarian dalam blog Google yang terbaru. 

Peluncuran di India dan Jepang ini merupakan peluncuran SGE pertama di luar AS, yang akan membantu orang-orang lebih memahami topik dengan lebih cepat, mengungkap sudut pandang, serta menyelesaikan berbagai hal dengan lebih mudah. 

"Seperti di AS, masyarakat di Jepang dan India akan dapat menggunakan kemampuan AI generatif dalam bahasa lokal mereka, baik dengan mengetikkan kueri atau menggunakan input suara," jelas Budarju. 

Tapi, ada kemampuan yang unik untuk pengguna di India. Di mana pengguna juga akan menemukan tombol bahasa untuk membantu penutur multibahasa dengan mudah beralih antara bahasa Inggris dan Hindi. 

Selain itu, pengguna di India juga dapat mendengarkan tanggapannya, yang merupakan preferensi populer. Di kedua negara, iklan Penelusuran akan terus muncul di slot iklan khusus di seluruh halaman. 

"Pengalaman AI generatif ini membantu orang menjelajahi berbagai perspektif dan berfungsi sebagai titik awal untuk menjelajahi konten web," pungkasnya.