Pengguna Google Kini Bisa Uji Coba Fitur Baru AI Generatif di Penelusuran
Google mulai membuka akses ke kemampuan Kecerdasan Buatan (AI) generatif baru di Penelusuran. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Google baru saja mengumumkan mulai membuka akses ke kemampuan Kecerdasan Buatan (AI) generatif baru di Penelusuran.

Setelah menggodanya di gelaran Google I/O beberapa waktu lalu, perusahaan akhirnya membuka akses ke Lab Pencarian.

Program baru ini bertujuan agar pengguna setia Google dapat bereksperimen dan menguji berbagai fitur AI mereka, termasuk memberikan akses ke Search Generative Experience (SGE), sebelum rilis yang lebih luas.

Pengguna lebih dahulu harus mendaftar ke daftar tunggu dan menunggu sampai menerima email untuk mendapatkan akses. Mereka dapat melakukannya dengan mengetuk ikon Labs di versi terbaru aplikasi Google baik melalui Android dan iOS atau di desktop Chrome.

Pengguna juga dapat mengunjungi situs Labs untuk memeriksa status daftar tunggu. Lebih lanjut, pengalaman Penelusuran bertenaga AI generatif yang baru akan membantu pengguna menyelesaikan beberapa pekerjaan dari penelusuran.

Sehingga, pengguna dapat memahami suatu topik lebih cepat, mengungkap sudut pandang dan wawasan baru, serta menyelesaikan berbagai hal dengan lebih mudah.

Jadi, alih-alih mengajukan serangkaian pertanyaan dan menyusun sendiri informasi tersebut, Penelusuran sekarang dapat melakukan sebagian dari pekerjaan berat itu.

Misalnya, ketika pengguna mengajukan pertanyaan seperti Belajar ukulele vs gitar. Pencarian akan memberikan snapshot bertenaga AI sehingga pengguna bisa mendapatkan bantuan untuk memahami faktor apa yang perlu dipertimbangkan.

Atau pengguna bisa mengajukan pertanyaan yang sangat spesifik, kemudian Google akan menyajikan berbagai konten dari seluruh web.

Seperti saat pengguna sedang bersiap-siap untuk perjalanan internasional, tetapi perlu memastikan dokumen sudah yang terbaru, mereka tinggal mencari “Bagaimana saya dapat memperbarui paspor saya dengan cepat?”.

Tak menunggu lama, Penelusuran akan menemukan petunjuk untuk informasi yang perlu diketahui, atau melihat berbagai pilihan yang tersedia dan mengambil langkah selanjutnya dengan bantuan dari web.

"Penelusuran juga akan menampilkan seperti daftar opsi gaya, termasuk harga, peringkat pelanggan, dan tautan untuk membeli saat pengguna mencari kata kunci Wallpaper untuk di Dapur," kata Google, dikutip dari blog resmi perusahaan, Jumat, 26 Mei.

Jika pengguna ingin menjelajahi lebih jauh, tepat di bawah cuplikan, mereka akan melihat opsi untuk mengajukan pertanyaan tindak lanjut atau memilih langkah berikutnya yang disarankan, ini akan membawa pengguna ke mode percakapan.

Eksperimen tersebut, dikatakan Google adalah langkah pertama mereka dalam menambahkan AI generatif ke Penelusuran, dan berjanji akan melakukan banyak pembaruan dan penyempurnaan dari waktu ke waktu.

"Saat kami terus membayangkan kembali bagaimana kami dapat membuatnya lebih alami dan intuitif untuk menemukan apa yang Anda cari, kami senang Anda dapat menguji kemampuan baru ini dan membagikan umpan balik selama prosesnya," tutur Google.