Bagikan:

JAKARTA - Google kembali menambahkan kemampuan pada versi mesin pencariannya yang berbasis Kecerdasan Buatan (AI), Search Generative Experience (SGE). Sekarang, alat ini dapat meringkas halaman web.

SGE akan menggunakan AI Google untuk menghasilkan daftar poin-poin penting pada halaman yang dijelajahi pengguna.

Di beberapa halaman web yang dikunjungi, pengguna dapat melihat daftar poin-poin penting yang dibuat oleh AI berdasarkan artikel, dengan tautan yang akan membawa pengguna langsung ke apa yang dicari di halaman tersebut.

"Kami juga akan membantu Anda menggali lebih dalam dengan Jelajahi di halaman, tempat Anda dapat melihat pertanyaan yang dijawab artikel dan melompat ke bagian yang relevan untuk mempelajari lebih lanjut," ujar Google dalam pernyataan resminya, dikutip Rabu, 16 Agustus.

Perlu dicatat, SGE hanya akan menampilkan poin-poin pada artikel yang tersedia secara gratis untuk umum di web.

Alat ini tidak akan berfungsi pada artikel yang ditandai sebagai berbayar berpenghalang, dan penayang memegang kendali.

Fitur baru tersebut dapat diaktifkan di bagian Search Lab eksperimental perusahaan, yang tersedia di aplikasi Google pada Android dan iOS, serta akan hadir di Chrome versi desktop dalam beberapa hari ke depan.

Google juga meluncurkan kemampuan agar SGE dapat menemukan istilah yang tidak dipahami atau mungkin ingin informasi lebih lanjut, seperti terkait sains, ekonomi, sejarah dan lainnya.

"Dengan pembaruan ini, Anda akan dapat mengarahkan kursor ke kata-kata tertentu untuk mempratinjau definisi dan melihat diagram atau gambar terkait pada topik tersebut. Dari sini, Anda dapat mengkliknya untuk mempelajari lebih lanjut," kata Google.

Lebih lanjut, SGE juga dibuat SGE agar lebih mudah untuk memahami dan men-debug kode yang dihasilkan. Saat ini, SGE menyediakan ikhtisar yang dihasilkan AI untuk membantu tugas di sejumlah bahasa dan alat pemrograman.

Namun, dengan pembaruan yang diluncurkan Google, segmen kode dalam ikhtisar sekarang akan diberi kode warna dengan penyorotan sintaksis, jadi lebih cepat dan mudah untuk mengidentifikasi elemen seperti kata kunci, komentar serta string, membantu pengguna memahami kode yang dilihat dengan lebih baik dalam sekejap.