Google Memperkenalkan Gemini 1.5, Lebih Canggih dari GPT-4?
Google luncurkan Gemini 1.5 (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah meluncurkan Gemini 1.0 minggu lalu, sekarang Google bersiap untuk memperkenalkan generasi berikutnya dari Gemini, yaitu Gemini 1.5, dengan sejumlah peningkatan besar. 

Melalui peningkatan jumlah informasi yang mampu diproses oleh model AI mereka, CEO Google Sundar Pichai mengatakan bahwa Gemini 1.5 memiliki pemahaman konteks yang lebih panjang daripada sebelumnya. 

Artinya, Gemini 1.5 dapat menangani pertanyaan yang jauh lebih besar dan melihat lebih banyak informasi sekaligus. 

Raksasa penelusuran itu mengklaim bahwa Gemini 1.5 hadir dengan jumlah token yang lebih besar, yakni hingga 1 juta token. Jika dibandingkan dengan 128.000 pada OpenAI GPT-4 dan 32.000 pada Gemini Pro saat ini. 

“Gemini 1.5 memberikan peningkatan kinerja secara dramatis. Hal ini mewakili langkah perubahan dalam pendekatan kami, berdasarkan penelitian dan inovasi teknis di hampir setiap bagian pengembangan model dasar dan infrastruktur kami,” kata Demis Hassabis, CEO Google DeepMind. 

Model Gemini 1.5 pertama yang dirilis untuk pengujian awal adalah Gemini 1.5 Pro. Demis mengatakan bahwa Gemini 1.5 Pro memberikan hasil yang sebanding dengan Gemini 1.0 Ultra, namun bekerja lebih efisien, dan dengan persyaratan komputasi yang lebih rendah. 

Mulai hari ini, beberapa sekelompok pengembang dan pelanggan perusahaan dapat mencobanya dengan jendela konteks hingga 1 juta token melalui AI Studio dan Vertex AI dalam pratinjau pribadi.