Bagikan:

JAKARTA – Pada Mei lalu, Google mengatakan bahwa paket termurah di Google Workspace, yaitu Business Starter, akan beralih ke penyimpanan gabungan. Peralihan ini akan dilakukan pada September mendatang.

Google akan menambahkan Drive bersama, folder untuk menyimpan dan mengakses file tim, di Business Starter. Jika sebelumnya paket Workspace menawarkan 30GB per pengguna, penyimpanan gabungan akan menawarkan 30GB dikalikan dengan jumlah pengguna akhir.

"Pengguna Business Starter akan dapat membuat Drive bersama dan menambahkan anggota, file, dan folder," kata Google dalam halaman pembaruannya. "Harap perhatikan bahwa kontrol keamanan dan tingkat admin tertentu tidak akan disertakan dalam versi dasar Drive bersama."

Fitur Drive bersama akan diluncurkan secara default pada 23 September mendatang. Artinya, pengguna Business Starter tidak perlu mengaktifkan fitur tertentu untuk mendapatkan penyimpanan gabungan. Setelah fitur ini dirilis, anggota tidak bisa beralih ke penyimpanan individu.

Meski tidak bisa beralih, admin bisa menghentikan atau mematikan fitur ini sebelum digunakan oleh anggota. Admin juga bisa menambahkan dan menghapus, anggota tim, mengubah tingkat akses anggota, serta membatasi pemindahan konten secara eksternal.

"Semua pengguna akan dapat membuat Drive bersama secara default. Jika perilaku default ini tidak diinginkan, admin dapat memperbarui setelan mereka sebelum pengguna Business Starter memperoleh akses ke fitur tersebut mulai 23 September," jelas Google.

Jika admin Business Starter ingin membatasi pembuatan Drive bersama, mereka bisa membuka Konsol Admin, membuka Menu, dan memilih opsi Google Workspace di dalam Aplikasi. Berikutnya, pilih Setelan Berbagi di Drive dan Dokumen, kemudian aktifkan Cegah pengguna Membuat Drive Bersama Baru di menu Pembuatan Drive Bersama.