Bagikan:

JAKARTA – Saat merilis ponsel seri Pixel 9, Google meluncurkan berbagai fitur dan aplikasi baru di perangkat tersebut. Beberapa aplikasi yang sudah dirilis dan masih terbatas di Pixel 9 adalah Pixel Screenshot dan Studio.

Pixel Screenshot ditenagai oleh Gemini Nano sehingga aplikasi ini hanya bisa digunakan di seri Pixel 9. Saat aplikasinya pertama kali diluncurkan, masih belum jelas di mana aplikasi ini akan tersedia. Kini, Google telah memperjelas negara ketersediaannya di situs resmi mereka.

Google mengatakan bahwa aplikasi ini bisa digunakan di seri Pixel 9 yang tersedia di AS, Britania Raya, Kanada, Australia, India, Irlandia, Singapura, dan Malaysia. Perusahaan itu tidak menjelaskan kapan aplikasinya akan diperluas ke lebih banyak negara.

"Anda harus berusia 18 tahun atau lebih dan memiliki Akun Google pribadi yang masih berlaku dan aktif di ponsel Anda untuk mengakses fitur AI. Semua fitur AI dinonaktifkan jika Anda menggunakan akun yang tidak memenuhi syarat," kata Google.

Google menambahkan bahwa aplikasi ini tidak mendukung akun kantor atau sekolah. Seluruh pengguna seri Pixel 9 bisa menyimpan, mengedit, mengumpulkan, dan mencari tangkapan layar dengan mudah berkat bantuan Kecerdasan Buatan (AI).

Pixel Studio, aplikasi berbasis AI generatif untuk menyederhanakan pembuatan gambar, memiliki negara ketersediaan yang sama. Aplikasi ini juga hanya tersedia di seri Pixel 9 dan sepertinya tidak akan diluncurkan di perangkat dengan versi yang lebih lama.

"Pixel Studio saat ini hanya tersedia di seri Pixel 9 dalam bahasa Inggris di Amerika Serikat, Inggris Raya, Kanada, Australia, India, Irlandia, Singapura, dan Malaysia," jelas Google. Aplikasi ini mungkin akan diperluas ke lebih banyak negara dalam beberapa waktu ke depan.