Family Link Google Makin Bikin Orang Tua Bahagia, Bisa Kontrol Anak dengan Fitur Baru Ini
Aplikasi Family Link milik Google cukup bisa diandalkan bagi orang tua. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Fitur kontrol orang tua semakin populer di tengah maraknya penggunaan perangkat atau media sosial pada anak-anak. Dan Google, sedang berfokus dalam bisnis itu.

Aplikasi Family Link milik Google cukup bisa diandalkan bagi orang tua yang ingin mengawasi apa yang sedang dilakukan anak-anak mereka dengan perangkatnya.

Sekarang, aplikasi itu semakin lebih baik dengan menghadirkan pembaruan desain yang mengurutkan aplikasi ke dalam tiga tab utama yakni Sorotan, Kontrol, dan Lokasi, juga karena Google akan meningkatkan keselamatan dan komunikasi di Family Link.

Karena keamanan adalah bagian yang membuat aplikasi menarik, perusahaan menghadirkan fitur seperti peringatan pemberitahuan ketika perangkat tiba di tujuan tertentu (seperti sekolah atau rumah teman) dan kemampuan untuk melihat masa pakai baterai perangkat individu.

Fitur tersebut memberi orang tua ketenangan pikiran ketika anak-anak mereka meninggalkan rumah.

Lainnya, Google juga menghadirkan kemampuan untuk mengaktifkan batasan waktu layar seperti opsi Hanya Hari Ini. Batasan itu tidak memengaruhi perangkat terjadwal lainnya.

Google juga bermitra dengan Common Sense Media, ConnectSafely, dan Family Online Safety Institute untuk membantu menginformasikan kepada pengguna tentang keamanan online, serta versi aplikasi browser web mana yang dapat diakses orang tua untuk semua fitur Google Family Link dari komputer.

Melansir Digital Trends, Rabu, 19 Oktober, fitur-fitur baru ini tidak hanya untuk orang tua, melainkan juga dikhususkan untuk memberikan transparansi pada akun anak-anak dalam sebuah keluarga.

Dengan hadirnya pembaruan, akun anak-anak akan diberi tahu lebih jelas tentang pengaturan apa yang telah diaktifkan orang tua mereka. Terakhir, aplikasi Family Link juga mendapatkan pembaruan antarmuka yang menyematkan desain Material You.