ChatGPT Jadi Tren, Banyak Perusahaan Teknologi Cina Bersaing Mengembangkan Produk Serupa
Tencent, tengah mengembangkan teknologi kecerdasan buatan sperti chatGPT. (foto: twitter @tencentglobal)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar mengenai ChatGPT dari OpenAI yang didukung oleh Microsoft telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk di China. Hal tersebut memperkuat saham perusahaan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan mendorong berbagai perusahaan di China untuk mengumumkan proyek serupa.

Perusahaan teknologi China seperti Baidu, Alibaba, dan beberapa startup kecil telah bekerja pada proyek AI selama bertahun-tahun. Chatbot di China sebagian besar berfokus pada interaksi sosial, sedangkan ChatGPT, yang belajar dari sejumlah besar data untuk menjawab permintaan pengguna dengan cara yang menyerupai manusia, lebih baik dalam tugas-tugas yang lebih profesional, seperti pemrograman dan penulisan esai.

Berikut adalah daftar perusahaan teknologi China yang baru-baru ini mengumumkan teknologi AI:

SENSETIME

Perusahaan AI China SenseTime meluncurkan sejumlah produk baru yang didukung oleh AI, termasuk chatbot dan pembuat gambar berdasarkan model AI SenseNova-nya.

BAIDU

Pada tanggal 16 Maret, Baidu memperkenalkan chatbot AI yang sangat dinanti-nanti yang dikenal sebagai Ernie Bot. Saat ini hanya tersedia untuk sejumlah pengguna yang mengajukan kode akses.

ALIBABA

Alibaba mengumumkan pada tanggal 8 Februari bahwa mereka sedang melakukan pengujian internal untuk alat ChatGPT-style. Pada tanggal 7 April, media China melaporkan bahwa Alibaba sedang mencari perusahaan untuk menguji chatbot AI Tongyi Qianwen mereka.

TENCENT

Tencent Holdings membentuk tim pengembangan untuk bekerja pada chatbot yang mirip dengan ChatGPT yang akan disebut "HunyuanAide". Dua orang yang mengenal masalah ini mengatakan kepada Reuters pada bulan Februari. Namun, Tencent belum memberikan tanggapan yang jelas mengenai proyek ini.

FUDAN UNIVERSITY TEAM

Tim dari Fudan University China meluncurkan chatbot yang disebut MOSS yang mirip dengan ChatGPT pada tanggal 20 Februari. Namun, platform ini gagal dalam beberapa jam setelah diluncurkan karena terlalu banyak pengunjung dan tim meminta maaf, mengatakan bahwa model ini masih sangat kurang matang dan masih jauh dari tingkat ChatGPT.

JD.COM

JD.com mengatakan pada tanggal 10 Februari bahwa mereka berencana untuk meluncurkan produk yang mirip dengan ChatGPT yang akan disebut ChatJD dan akan ditargetkan untuk melayani bisnis lain.

CHINA TELECOM

China Telecom sedang mengembangkan versi industri ChatGPT untuk telekomunikasi, yang akan menggunakan AI dalam beberapa fungsi layanan pelanggan, demikian dilaporkan oleh media lokal China pada 18 Februari.

NETEASE

Perusahaan game NetEase berencana untuk menggunakan teknologi model bahasa besar untuk meningkatkan bisnis pendidikan mereka.

360 SECURITY TECHNOLOGY INC

360 Security Technology mengatakan bahwa mereka memiliki teknologi model bahasa tetapi tidak dapat memberikan indikasi yang jelas kapan akan meluncurkan produk terkait.

KUAISHOU TECHNOLOGY

Aplikasi video pendek Kuaishou Technology sedang melakukan penelitian tentang model bahasa besar, yang akan digunakan untuk meningkatkan produk-produknya seperti layanan pelanggan berbasis kecerdasan buatan (AI), seperti dilaporkan oleh surat kabar the Paper pada tanggal 9 Februari.

INSPUR ELECTRONIC INFORMATION INDUSTRY

Inspur Electronic Information Industry menyatakan di situs hubungan investornya bahwa perusahaan telah lama berinvestasi dalam Konten yang Dibuat oleh Kecerdasan Buatan (AIGC), mulai dari aritmatika, algoritma, hingga penerapan teknologi tersebut.

KUNLUN TECH

Perusahaan permainan seluler berbasis di Beijing, Kunlun Tech, mengumumkan rencana untuk meluncurkan versi ChatGPT dalam bahasa Tiongkok pada tahun ini, dan kode sumbernya akan bersifat open source, seperti yang diumumkan oleh perusahaan tersebut di akun WeChat-nya pada hari Kamis.

Perusahaan tersebut juga mengumumkan dalam pernyataan terpisah bahwa pada  Rabu, 5 April mereka akan menyematkan ChatGPT ke dalam peramban web Opera yang berbasis di Norwegia.