Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan kecerdasan buatan (AI) yang didanai pemerintah China, iFlytek, baru saja mengumumkan peluncuran sistem AI "Spark Model," yang dirancang untuk bersaing langsung dengan ChatGPT milik OpenAI.

Peluncuran ini berlangsung pada acara teknologi di Hefei yang disebut "Spark Desk" dan menampilkan demonstrasi penuh kemampuan sistem baru tersebut.

Pendiri dan presiden iFlytek, Liu Qingfeng, mengatakan kepada peserta acara bahwa Spark Model - juga disebut sebagai "model besar kognitif" - merupakan "fajar kecerdasan buatan umum."

Meskipun belum ada kesepakatan ilmiah tentang apakah kecerdasan buatan umum (juga disebut kecerdasan buatan umum, atau AGI) bahkan mungkin digunakan dengan teknik pembelajaran mesin saat ini, Liu Qingfeng menawarkan perbandingan dengan ChatGPT dan waktu peluncuran.

"Musim ini, kami akan terus meningkatkan model besar, dan pada 10 Oktober, kami akan melampaui ChatGPT dalam bahasa Cina dan mencapai tingkat yang sama dengan bahasa Inggris," kata Liu Qingfeng, dikutip Cointelegraph.

Detail tentang teknologi dasar yang menggerakkan Spark Model masih sedikit dan masih dirahasiakan, tetapi Liu Qingfeng menjelaskan kemampuan AI tersebut sebagai "jauh di depan sistem yang ada dan dapat diukur di China."

Perbandingan langsung antara ChatGPT dan model serupa dapat sulit dilakukan tanpa pengujian sampingan. Tidak hanya OpenAI menyimpan detail pelatihan dan informasi properti lainnya yang dirahasiakan, tetapi ChatGPT juga dilarang di China - sebuah fakta yang membatasi kemampuan OpenAI untuk melatih modelnya dalam bahasa dan budaya Cina.

Larangan ChatGPT di China saat ini dianggap dapat membatasi, terutama dibandingkan dengan Hong Kong - sebuah kota yang ditunjuk sebagai wilayah administratif khusus Republik Rakyat China - di mana tidak ada larangan penggunaan teknologi seperti ChatGPT dan cryptocurrency.

Di Hong Kong dan di seluruh barat, ChatGPT semakin populer di kalangan pengguna dan perusahaan cryptocurrency karena kemampuannya untuk menghasilkan kode dan sebagai teknologi dasar untuk pengembangan bot perdagangan canggih dan analisis portofolio.

Jika peningkatan yang diusulkan untuk Spark Model berhasil memberikan keuntungan pada iFlytek atas OpenAI dan ChatGPT, itu akan mewakili momen monumental di dunia teknologi. ChatGPT dianggap salah satu dari sistem AI generatif paling kuat saat ini.

Menurut Liu Qingfeng, departemen penelitian perusahaan mulai bekerja pada Spark Model hanya enam bulan yang lalu, pada 22 Desember 2022. Sebagai perbandingan, OpenAI mulai mengembangkan pendahulu produk GPT-nya pada tahun 2015. ChatGPT baru diluncurkan pada 30 November 2022.