Bagikan:

JAKARTA - Sebuah shortcut baru telah memungkinkan pengguna iPhone untuk mengintegrasikan ChatGPT, platform kecerdasan buatan (AI) yang telah menjadi sensasi di dunia, ke dalam aplikasi mereka.

Shortcut ini gratis bagi semua pengguna yang telah mengatur akun pembayaran dengan sistem pay-as-you-go dari OpenAI, dan mendukung mode percakapan sehingga pengguna dapat menggunakan ChatGPT seperti yang mereka lakukan di komputer.

Shortcut tersebut memungkinkan pengguna untuk bertanya kepada ChatGPT melalui kotak input di iPhone, iPad, atau Mac, dengan jawaban yang dikirimkan oleh ChatGPT dan ditampilkan dalam sebuah peringatan di perangkat pengguna.

Namun, spoiler alert: alasan dibalik pembuatan shortcut ini tidak hanya karena pengembangnya membutuhkan bantuan untuk menulis puisi di ponselnya.

Pengembang shortcut tersebut, Federico Viticci, mengatakan bahwa ia ingin memberikan akses yang sama kepada pengguna Apple seperti halnya pengguna Windows. ChatGPT telah bekerja sama dengan Microsoft dan telah diperkenalkan dalam versi baru mesin pencarian Bing milik perusahaan teknologi raksasa tersebut.

Kerjasama ini berarti pengguna iOS, iPadOS, macOS, dan watchOS kemungkinan akan selalu tidak dapat mengakses ChatGPT dengan cara yang sama tanpa menggunakan S-GPT (Shortcuts-GPT) buatan Viticci.

Viticci mengatakan bahwa ia ingin membangun jembatan antara Apple dan ChatGPT, mirip dengan yang telah dilakukan oleh Microsoft.

"Saya tahu bahwa ini adalah tujuan yang tinggi, dan ada batasan dalam penggunaan Shortcut, tetapi saya melihat bagaimana Microsoft beroperasi dan saya merasa cemburu bahwa hal yang sama tidak berlaku di platform Apple (dan kemungkinan tidak akan pernah)," tambah Viticci, dikutip Daily Mail.

Ia menggunakan API pengembang dari OpenAI, yang memerlukan biaya kecil, itulah sebabnya mengapa pengguna yang ingin menggunakan shortcut ini harus memiliki akses ke sistem pembayaran pay-as-you-go.

Shortcut ini dapat digunakan dengan model ChatGPT 3.5 yang sudah ada, atau ChatGPT 4 jika pengguna memiliki akses ke model tersebut.

Shortcut ini memungkinkan pengguna untuk bertanya dan mendapatkan tanggapan dalam satu 'sesi' yang sama, seperti di komputer, sambil juga menyimpan riwayat percakapan sebelumnya dan memungkinkan pengguna untuk melihat setiap percakapan yang mereka miliki sebagai transkrip tunggal.

"Saya benar-benar berpikir bahwa S-GPT adalah pekerjaan teknis terbaik dan paling canggih yang pernah saya lakukan," kata Viticci. "Kemampuan untuk berbicara bolak-balik memberikan beberapa keuntungan luar biasa dibandingkan menggunakan Siri, misalnya, untuk tugas-tugas tertentu."

"Berbeda dengan shortcut lain untuk ChatGPT, percakapan Anda hanya dikirimkan ke API OpenAI: secara default, shortcut ini tidak menyimpan log atau cache percakapan Anda kecuali Anda memintanya untuk mengekspor transkrip," tambahnya.

Dia juga menambahkan: "S-GPT dirancang untuk memberikan pengguna jawaban yang ringkas dan jelas yang dapat dibaca hanya dalam beberapa detik."

"Saya melakukannya karena S-GPT dapat digunakan baik sebagai shortcut yang diluncurkan dari aplikasi Shortcuts, ikon di Layar Beranda, atau widget, maupun sebagai shortcut yang berjalan di dalam Siri," tambahnya.

Salah satu contoh penggunaan S-GPT adalah untuk membuat daftar putar dengan artis tertentu.

Pengguna hanya perlu memberikan perintah, yang diinterpretasikan oleh ChatGPT dan kemudian dikirim kembali ke S-GPT untuk memberi nama daftar putar. Setelah itu selesai, daftar putar akan muncul di Aplikasi Apple Music.