Cara Kustomisasi Ikon Aplikasi iPhone, Sesuai Keinginan dan Selera
Aplikasi iPhone (Majalah Gadget)

Bagikan:

JAKARTA - Apakah Anda pernah pengin membuat tampilan iPhone yang bisa merepresentasikan diri? Yang sesuai selera serta keinginan dan terwujud dalam ikon hingga tampilan. Sekarang, Anda sudah bisa mengubah tampilan layar dan ikon aplikasi sesuai keinginan. Bahkan, kamu bisa membuat sendiri ikon aplikasi!

Anda sekarang sudah leluasa untuk melakukan kustomisasi pada layar. Artinya, lebih bebas dan mudah dalam mengubah tampilan, gambar latar belakang, hingga ikon yang ditampilkan halaman awal. Cukup gunakan aplikasi bawaan Apple bernama Shortcut.

Menggunakan aplikasi, Anda bisa mengganti seluruh ikon aplikasi yang tampil di layar. Atau, Anda juga bisa membuat pintasan baru untuk membuka aplikasi tersebut.

Hanya saja, menggunakan dan mengaktifkan fitur ini butuh proses yang cukup lama. Cukup menguras waktu dan energi. Tapi, saat ikon aplikasi di layar sudah berubah, tentu Anda akan merasa lebih puas.

Penasaran dengan cara kustomisasi ikon aplikasi iPhone? Tanpa panjang lebar, berikut ini uraian langkah demi langkah yang tim VOI rangkum dari The Verge, Senin, 14 Juni.

Pertama, Anda perlu menemukan dan masuk aplikasi Shortcut. Tenang saja, aplikasi ini sudah dipasang perusahaan sejak Anda pertama kali mengaktifkannya. Dan jika aplikasi tidak muncul di layar utama, cukup usap layar ke kiri lalu ketikkan “Shortcut” pada kotak pencarian.

Begitu aplikasi sudah terbuka, ketuk ikon ‘+’ yang terletak di sudut kanan atas, lalu ketuk menu ‘Add Action’. Selanjutnya, Anda akan melihat beberapa pilihan menu baru. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan lewat aplikasi ini. Tapi, kali ini, kita akan fokus pada mengubah ikon aplikasi terlebih dulu.

Untuk kustomisasi ikon aplikasi pada Shortcut, mulai dengan mengetikkan ‘Open app’ pada kota pencarian. Lalu ketuk tautan yang muncul dari hasil pencarian tersebut.

Pilih tombol ‘Choose’. Setelah itu Anda akan melihat daftar aplikasi yang sudah terpasang. Pilih salah satu aplikasi yang ingin dikustomisasi, lalu layar ponsel akan membawamu kembali ke halaman ‘New Shortcut’.

Ketuk ikon titik tiga yang tersusun vertikal dan terletak di sudut kanan atas. Kemudian Anda akan melihat halaman Details. Beri nama pada halaman Shortcut yang Anda buat, lalu ketuk menu ‘Add to Home Screen.’

Kini, Anda perlu mengganti dengan ikon baru. Terdapat beberapa platform yang memiliki koleksi ikon dan bisa diakses secara online. Contohnya adalah website Flaticon. Namun, jika merasa ikon-ikon yang ada terlalu seragam dan tidak sesuai selera, Anda juga bisa membuat ikon sendiri.

Simpan gambar ikon yang ingin dijadikan logo aplikasi pada aplikasi Photos. Kemudian buka lagi halaman Shortcut. Ketuk ikon yang terletak di bawah menu Home Screen Name and Icon. Selanjutnya akan muncul menu baru yang memintamu untuk memilih foto dari penyimpanan.

Sebagai catatan, jika Anda sudah terlebih dulu menyiapkan ikon yang ingin dipasang, ketuk menu ‘Choose Photo’ dan pilih foto yang ingin digunakan. Kemudian, pada halaman layar, beri highlight pada area foto. Fungsinya untuk menentukan bagian dari gambar yang akan muncul sebagai ikon. Jika sudah, ketuk ‘Choose; yang terletak di bagian bawah bagian kanan.

Kini, kamu akan melihat ikon baru yang muncul di layar. Ketuk menu Add. Jika sudah, seharusnya kamu akan melihat ikon kustomisasi baru yang bisa dipakai sebagai pengganti ikon lama.

Cukup panjang? Memang. Tapi, menjalankan langkah di atas bisa menjanjikanmu kepuasan karena berhasil mengubah ikon aplikasi sesuai dengan selera dan keinginan.