Tekanan Jual Ethereum Meningkat, Ini yang Akan Terjadi Setelah <i>Upgrade</i> Shapella!
Kripto Ethereum. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pendiri North Rock Digital, Hal Press, mengungkapkan bahwa tekanan penjualan Ethereum (ETH) tidak akan sebesar yang banyak diprediksi setelah upgrade Shapella. Dalam cuitan pada tanggal 12 April, Press menjelaskan bahwa data yang tersedia menunjukkan bahwa "proyeksi penjualan sebenarnya terlalu tinggi dan penjualan tidak akan sekuat yang diperkirakan."

Press mengungkapkan bahwa hanya sekitar 4.000 validator Ethereum yang secara sukarela keluar dari validator pool. Dari jumlah tersebut, sekitar 1.600 di antaranya adalah staker individu yang kemungkinan besar akan menjual.

"Dari 1.600 ini, saya memperkirakan konservatif bahwa 50 persen akan menjual dan 50 persen akan mengalokasikan dana ke tempat lain (liquid staking belum ada saat mereka mulai staking). Ini berarti sekitar 800 validator kemungkinan akan menjual, atau sekitar 25.000 ETH. Ditambah lagi 50-60 ribu ETH pada penarikan, sehingga total sekitar 85 ribu ETH," kata Press dikutip dari CryptoSlate.

Selain itu, dia juga menegaskan jika prediksinya salah tiga kali lipat, hanya sekitar 250.000 ETH yang akan tersedia untuk dijual setelah penguncian. Menurutnya, jumlah ini sebenarnya "tidak terlalu signifikan" jika dilihat dari persediaan keseluruhan Ethereum.

Sebelumnya, banyak analis yang memprediksi bahwa pembukaan kunci token setelah upgrade Shapella akan meningkatkan tekanan penjualan pada ETH. Namun, firma analitik blockchain Glassnode memproyeksikan bahwa hanya sekitar 170.000 ETH yang mungkin dijual setelah upgrade Shapella. Mereka berdasarkan prediksinya pada jumlah deposan yang ingin keluar.

Glassnode juga menyatakan bahwa dampak dari penjualan apapun terhadap harga ETH diperkirakan akan minimal, bahkan dalam kasus ekstrem di mana jumlah maksimum ETH yang di-stake dan hadiah ditarik dan dijual.

"Sekalipun penjualan mencapai jumlah maksimum yang diprediksi, volume penjualan masih berada dalam kisaran volume harian rata-rata arus masuk pertukaran. Oleh karena itu, kami menyimpulkan bahwa dampaknya terhadap harga ETH masih dapat diterima," kata Glassnode.

Sementara itu, Arcana, sebuah perusahaan riset pasar, memprediksi bahwa dalam skenario terburuk, hanya sekitar 6 persen dari volume perdagangan harian rata-rata ETH yang akan dijual dalam tiga hari pertama setelah penarikan menjadi tersedia.

CryptoQuant, perusahaan analitik kripto, juga meyakini bahwa tekanan penjualan ETH setelah upgrade Shapella akan cenderung moderat. Mereka menunjukkan bahwa sekitar 60 persen dari semua ETH yang di-stake saat ini mengalami kerugian, yang berarti menjual saat ini tidak akan menguntungkan bagi para staker.