Bagikan:

JAKARTA - Pada 16 Maret 2023, pengembang Ethereum mengumumkan bahwa blockchain akan ditingkatkan pada 12 April 2023, yang akan mencakup implementasi penarikan push chain Beacon. Ini akan memungkinkan validator jaringan Ethereum untuk mendukung operasi penarikan setelah bebarapa perubahan.

Penarikan push chain Beacon akan dilakukan melalui Ethereum Improvement Proposal (EIP) 4895 yang akan "mendukung penarikan validator dari rantai Beacon ke EVM melalui jenis operasi 'tingkat sistem' yang baru."

Selain itu, pengembang Ethereum juga merencanakan implementasi Ethereum Improvement Proposal atau EIP-3651, EIP-6049, EIP-3860, dan EIP-3855 dalam peningkatan tersebut. EIP-3860 ditujukan untuk mengoptimalkan biaya dengan membatasi ukuran maksimum initcode menjadi 49152 dan menerapkan biaya gas tambahan sebesar 2 untuk setiap potongan 32-byte initcode. Peningkatan ini akan membatasi biaya transaksi (gas fee) pada kontrak yang lebih besar dan memastikan kelancaran transaksi.

Pada saat peningkatan diumumkan, kontrak rantai Beacon memiliki 17.680.535 ether senilai 29,33 miliar dolar AS (setara Rp450 triliun) dengan menggunakan nilai tukar Ethereum hari itu.

Peningkatan tersebut awalnya direncanakan untuk bulan ini, tetapi perubahan konsensus ditunda. Selama Pertemuan Lapisan Eksekusi pada 16 Maret 2023, pengembang Ethereum mengumumkan penjadwalan ulang peningkatan pada 12 April 2023.

Pengembang Ethereum melakukan pengujian upgrade pada beberapa testnet. Pada Selasa 15 Maret  sebelum pengumuman penjadwalan ulang, para pengembang menyelesaikan peningkatan testnet Goerli, yang pada dasarnya merupakan langkah terakhir sebelum aktivasi Shapella di mainnet.

Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa peningkatan tersebut dilakukan dengan benar dan meminimalkan risiko gangguan pada jaringan.

Dalam rangka meningkatkan keamanan dan efisiensi jaringan, peningkatan Ethereum ini akan memungkinkan jaringan Ethereum untuk terus berinovasi dan memperbaiki performa layanan mereka.

Meskipun ada risiko yang terkait dengan perubahan ini, pengembang Ethereum dan komunitasnya berharap bahwa peningkatan ini akan membawa manfaat jangka panjang bagi jaringan dan penggunanya.