Changpeng Zhao Konversi 1 Miliar BUSD ke Bitcoin, BNB, dan Ethereum, Pasar Kripto Langsung Naik
Pendiri Binance, Changpeng Zhao. (Foto; Dok. MoneyWeek)

Bagikan:

JAKARTA – Bos Binance, Changpeng Zhao atau lebih akrab disapa CZ, dikabarkan telah mengonversi 1 miliar dolar AS (Rp15,3 triliun) dalam bentuk stablecoin BUSD ke tiga cryptocurrency berbeda. CZ mengumumkan hal tersebut pada Senin 13 Maret 2023.

Zhao menguraikan langkah untuk mengonversi BUSD senilai 1 miliar dolar AS dari dana Industry Recovery Initiative ke Bitcoin (BTC), BNB, dan Ethereum (ETH). Dia menambahkan bahwa pergerakan onchain yang signifikan akan terlihat setelah pengumuman tersebut.

CEO Binance Changpeng Zhao (CZ) mengumumkan pada Senin, 13 Maret  bahwa perusahaan telah mengonversi 1 miliar BUSD menjadi bitcoin (BTC), BNB, dan ethereum (ETH).

"Mengingat perubahan pada stablecoin dan bank, Binance akan mengonversi 1 miliar dolar AS yang tersisa dari dana Industry Recovery Initiative dari BUSD ke crypto asli, termasuk BTC, BNB, dan ETH. Beberapa pergerakan dana akan terjadi onchain. Transparansi," kata Zhao dalam utas Twitter.

Setelah mengumumkan lewat Twitter, CZ membagikan alamat untuk Industry Recovery Initiative dan tautan explorer transaksi untuk transfer yang di-handle oleh bursa.

Seseorang merespons utas Twitter CZ dan mengatakan: "Orang-orang yang merasa sedikit cemas dengan perkembangan stablecoin baru-baru ini akan merasa lebih tenang." CEO Binance menjawab bahwa dia "bahkan tidak berpikir tentang itu. Saya hanya membahas cara untuk menjaga dana di aset yang aman. Tapi itu juga bisa."

Saat ini, Binance memegang 7,56 miliar BUSD, menurut alat portofolio bursa Nansen. Pengumuman CZ datang pada saat USDC mengalami masalah pada akhir pekan lalu dalam mempertahankan paritas dengan dolar AS setelah kegagalan Silicon Valley Bank (SVB).

Menurut laporan Bitcoin.com News, regulator AS memaksa Paxos untuk menghentikan penerbitan BUSD, dan miliaran token BUSD telah dihapus dari sirkulasi sejak itu.

Meskipun BUSD menghadapi pengawasan regulasi, stablecoin tersebut berhasil bertahan dalam kisaran 0,99 dolar AS hingga 1 dolar AS sebagian besar waktu. Pada 11 Maret 2023, BUSD sedikit turun ke kisaran 0,9848 dolar AS untuk periode singkat. Meski begitu, BUSD masih lebih kuat daripada lima stablecoin lain yang menyimpang dari paritas 1 dolar AS selama akhir pekan lalu.

Keputusan CZ untuk mengonversi BUSD menjadi tiga cryptocurrency lainnya terjadi pada saat banyaknya masalah yang menimpa stablecoin, termasuk USDC dan BUSD itu sendiri. Dalam hal ini, Binance mencoba menjaga keamanan dana dengan memindahkannya ke aset kripto yang lebih stabil dan tidak terpengaruh oleh kondisi pasar yang berubah-ubah.