10 Mata Uang Kripto Terbesar di Dunia Pada September 2022
Daftar mata uang kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasarnya. (foto: dok. Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Setiap hari, puluhan bahkan ratusan mata uang kripto baru bermunculan. Di CoinMarketCap sendiri terdapat lebih dari 9.000-an koin atau token kripto. Itu belum di platform perdagangan kripto terdesentralisasi (DEX) Sakin banyaknya kripto, tentu akan menyulitkan mereka yang baru mengenal dunia aset digital. Oleh karena itu, VOI.id akan memaparkan daftar cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar atau nilai total yang beredar di pasaran.

Ini dimaksudkan untuk membantu mereka yang baru memasuki dunia kripto dan memberikan gambaran terkait mata uang kripto teratas. Pasalnya memilah-milah beberapa koin dari ribuan kripto itu membutuhkan waktu dan effort yang besar. Selain itu, juga dibutuhkan untuk melakukan riset sendiri atau DYOR (Do Your Own Research).  

Pengertian Mata Uang Kripto atau Cryptocurrency

Namun, sebelum memasuki 10 kripto teratas, ada baiknya kita mengenali definisi kripto terlebih dahulu. Mata uang kripto (cryptocurrency) adalah aset digital yang berupa koin atau token kripto yang menggunakan teknologi blockchain. Di dunia kripto tidak ada otoritas mana pun yang mengaturnya atau tersentral. Karenanya ia bersifat terdesentralisasi.

Sementara blockchain itu sendiri bisa diibaratkan sebagai buku besar terdistribusi yang mencatat seluruh transaksi kripto. Jadi, tidak ada satu pihak atau otoritas mana pun yang bisa mengedit, menghapus, bahkan memanipulasi seluruh transaksi yang sudah tercatat di blockchain. Untungnya, blockchain bersifat transparan. Itu artinya, setiap catatan transaksi dapat dilihat oleh siapa pun.

Daftar 10 Kripto Terbesar

Berikut ini daftar 10 mata uang kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasarnya versi CoinMarketCap sebagaimana dilansir dari Forbes:

1. Bitcoin (BTC)

Kapitalisasi Pasar: 366 Miliar Dolar AS

Bitcoin dibuat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto, BTC adalah mata uang kripto pertama. Seperti kebanyakan mata uang kripto lainnya, BTC berjalan pada blockchain, atau buku besar yang mencatat transaksi yang didistribusikan di seluruh jaringan ribuan komputer. Karena penambahan ke buku besar yang didistribusikan harus diverifikasi dengan memecahkan teka-teki kriptografi, sebuah proses yang disebut Proof of Work (PoW), Bitcoin tetap aman dan terlindungi dari penipuan.

Harga Bitcoin telah meroket beberapa tahun kemudian. Pada bulan Mei 2016, Anda bisa membeli satu Bitcoin dengan harga sekitar 500 dolar AS. Pada 1 September 2022, harga satu Bitcoin sekitar 19.989 dolar AS. Itu adalah pertumbuhan hampir 3.900% dalam 7 tahun. Sementara harga tertinggi sepanjang masanya (ATH) tertoreh pada 68.789 dolar AS per BTC yang tertoreh pada 10 November 2021.

2. Ethereum (ETH)

Kapitalisasi Pasar: 196 Miliar Dolar AS

Baik sebagai mata uang kripto maupun platform blockchain, Ethereum adalah blockchain yang memiliki kemampuan kompleks termasuk DApps, smart contract, DeFi, NFT, dan sebagainya. Karenanya ia disukai oleh para pengembang kripto. Mulanya, Ethereum menggunakan mekanisme konsensus Proof-of-Work (PoW) sebagaimana Bitcoin. Namun di bulan September ini, ETH akan melakukan transisi ke mekanisme konsensus yang diklaim ramah lingkungan, Proof-of-Stake (PoS).    

Ethereum juga mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Dari April 2016 hingga awal September 2022, harganya naik dari 11 dolar AS per ETH menjadi sekitar 1.568 dolar AS per koin. Harganya meningkat sekitar 14.155%.

3. Tether (USDT)

Kapitalisasi Pasar: 67,5 Miliar Dolar AS

Tidak seperti beberapa bentuk mata uang kripto lainnya, Tether (USDT) adalah stablecoin, yang berarti didukung oleh mata uang fiat seperti dolar AS. Harganya pun terikat pada harga dolar. Secara teori, ini berarti nilai Tether seharusnya lebih stabil daripada mata uang kripto lainnya, dan disukai oleh investor yang mewaspadai volatilitas ekstrim kripto lain.

4. USD Coin (USDC)

Kapitalisasi Pasar: 52 Miliar Dolar AS

USDC merupakan kripto jenis stablecoin seperti Tether. USDC ditopang oleh dolar AS dan bertujuan untuk rasio 1 USD : 1 USDC. USDC didukung oleh Ethereum, dan Anda dapat menggunakan USD Coin untuk menyelesaikan transaksi global.

5. Binance Coin (BNB)

Kapitalisasi pasar: 44 miliar dolar AS

Binance Coin (BNB) adalah bentuk mata uang kripto yang dapat Anda gunakan untuk berdagang dan membayar biaya di Binance, salah satu bursa kripto terbesar di dunia. Sejak diluncurkan pada tahun 2017, Binance Coin telah berkembang pesat dan tidak hanya digunkan untuk memfasilitasi perdagangan di platform pertukaran Binance. Sekarang, koin ini dapat digunakan untuk perdagangan, pemrosesan pembayaran, atau bahkan pemesanan pengaturan perjalanan. BNB juga dapat diperdagangkan atau ditukar dengan bentuk cryptocurrency lainnya, seperti Ethereum atau Bitcoin.

Harga BNB pada tahun 2017 hanya 0,10 dolar AS. Pada awal September 2022, harganya telah naik menjadi sekitar 276 dolar AS, harganya meroket sekitar 275.900% dalam enam tahun.

6. Binance USD (BUSD)

Kapitalisasi Pasar: 19 Miliar Dolar AS

Binance USD (BUSD) adalah stablecoin yang didirikan oleh Paxos dan Binance untuk menciptakan mata uang kripto yang didukung oleh dolar AS. Untuk mempertahankan nilai ini, Paxos memegang sejumlah dolar AS yang sama dengan total pasokan BUSD. Seperti stablecoin lainnya, BUSD memberi pedagang dan pengguna kripto kemampuan untuk terlibat dalam transaksi dengan aset kripto lainnya sambil meminimalkan risiko volatilitas.

7. Ripple (XRP)

Kapitalisasi pasar: 16 miliar dolar AS

XRP merupakan koin utama milik Ripple Labs, sebuah perusahaan solusi blockchain dan sistem pembayaran lintas batas. XRP dapat digunakan pada jaringan Ripple untuk memfasilitasi pertukaran berbagai jenis mata uang, termasuk mata uang fiat dan mata uang kripto utama lainnya. Ripple menyediakan pembayaran instan lintas negara. Pengiriman uang dapapt berlangsung dalam hitungan detik. Berbagai perusahaan keuangan dari berbagai negara menggunakan Ripple untuk mempercepat pengiriman uang antarnegara.

Pada awal tahun 2017, harga XRP adalah 0,006 dolar AS. Pada 1 September 2022, harganya mencapai 0,32 dolar AS, setara dengan kenaikan 5.233%. Sementara harga tertinggi sepanjang masa (ATH) XRP berada di 3,84 dolar AS pada 7 Januari 2014.

8. Cardano (ADA)

Kapitalisasi Pasar: 15 Miliar Dolar AS

Agak terlambat masuk ke kancah kripto, Cardano (ADA) terkenal karena menggunakan mekanisme konsensus proof-of-stake. Metode ini mempercepat waktu transaksi dan mengurangi penggunaan energi dan dampak lingkungan dengan menghilangkan aspek kompetitif dan pemecahan masalah dari verifikasi transaksi di platform seperti Bitcoin. Cardano juga berfungsi seperti Ethereum untuk mengaktifkan smart contract dan aplikasi terdesentralisasi (DApps), yang didukung oleh ADA, koin aslinya.

Kripto ADA memiliki pertumbuhan yang relatif sederhana dibandingkan dengan koin kripto utama lainnya. Pada 2017, harga ADA adalah 0,02 dolar AS. Pada 1 September 2022, harganya berada di 0,44 dolar AS. Ini adalah peningkatan sebesar 2.400% dalam beberapa tahun belakangan.

9. Solana (SOL)

Kapitalisasi Pasar: 10 Miliar Dolar AS

Dikembangkan untuk membantu memberdayakan penggunaan keuangan terdesentralisasi (DeFi), aplikasi terdesentralisasi (DApps), dan smart contract, Solana berjalan pada mekanisme hibrida proof-of-stake (PoS) dan proof-of-history (PoH) yang unik untuk memproses transaksi dengan cepat dan aman. SOL adalah token asli Solana.

Ketika diluncurkan pada tahun 2020, harga SOL dimulai pada 0,77 dolar AS. Pada awal September 2022, harganya sekitar 31,25 dolar AS per token, kenaikan hampir 3.958%.

10. Dogecoin (DOGE)

Kapitalisasi Pasar: 8 Miliar Dolar AS

Pada 2013, Dogecoin diciptakan sebagai lelucon terhadap Bitcoin saat itu. Kendati begitu, DOGE telah berkembang pesat menjadi mata uang kripto terkemuka berkat komunitas DOGE yang solid dan kerap berkontribusi pada permasalahan lingkungan dan sosial. Solidaritas DOGE telah dikenal luas hingga saat ini. DOGE telah menarik perhatian pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk.

Dalam beberapa tahun terakhir tim Dogecoin melalui The Dogecoin Foundation mulai membenahi koin meme tersebut. Mereka berencana memperkuat utilitas DOGE. Misi mereka adalah menjadikan Dogecoin sebagai alat pembayaran global. Pada 2017 harga DOGE diperdagangkan di level 0,0002 dolar AS. Kemudian pada 1 September 2022, harganya mencapai 0,061 dolar AS, mengalami kenaikan sekitar 30.400%.

Demikian daftar 10 besar mata uang kripto terbesar berdasar berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Kendati begitu, pembaca diharapkan untuk tetap melakukan riset sendiri atau biasa dikenal dengan sebutan DYOR.