Bagikan:

JAKARTA – Setelah menguji fitur Minta Catatan Komunitas pada Juli lalu, platform X kini meluncurkan fitur tersebut ke aplikasi seluler di perangkat Android dan iOS. Fitur ini akan muncul di bagian menu postingan.

Minta Catatan Komunitas merupakan fitur baru untuk para pengguna yang tidak terdaftar sebagai kontributor. Jika mereka menemukan postingann yang menyesatkan, mereka bisa memanggil para kontributor untuk meninggalkan catatan di postingan tersebut.

"Hal ini memberi cara bagi orang-orang di X yang bukan kontributor untuk membantu dan memberi tahu kontributor di mana catatan mungkin dianggap bermanfaat," kata X melalui halaman Panduan Catatan Komunitas.

Untuk meminta Catatan Komunitas, pengguna hanya perlu mengetuk ikon titik tiga vertikal di sudut kanan atas postingan. Di bagian bawah opsi Laporkan Postingan, pengguna akan melihat menu Minta Catatan Komunitas.

Permintaan ini tidak bisa diajukan oleh semua pengguna. Platform yang sebelumnya bernama Twitter itu mengatakan bahwa pengguna harus memiliki nomor telepon yang terverifikasi untuk meminta catatan. Jumlah permintaannya pun dibatasi per hari.

"Akun dapat membuat hingga 5 permintaan per hari. Batasan tersebut dapat bertambah jika permintaan berhasil menghasilkan catatan yang bermanfaat, atau dapat berkurang jika permintaan tersebut ada pada postingan yang menurut orang-orang tidak memerlukan catatan," jelas X.

Platform itu menjelaskan bahwa jumlah permintaan yang dikurangi akan mencegah spam pada permintaan Catatan Komunitas. Selain itu, pengurangan ini dilakukan agar kontributor yang menulis catatan bisa fokus pada postingan yang memang perlu memiliki catatan.

Saat pengguna mengajukan Catatan Komunitas, hanya kontributor dengan status Penulis Terbaik yang akan melihat permintaan dan mereka bisa memilih postingan yang diusulkan. Permintaan yang ditampilkan akan fokus pada postingan kurang dari 24 jam atau postingan dengan lebih dari 5 permintaan.