Bagikan:

 

JAKARTA – Pada akhir November lalu, salah satu pengguna di TikTok dengan username robdad_ menemukan fitur AI Playlist di Spotify, pembuat daftar putar musik berbasis Kecerdasan Buatan.

Dari cuplikan akun tersebut, AI Playlist ini terlihat seperti chatbot. Pengguna bisa menyebutkan jenis playlist yang mereka inginkan atau mengikuti rekomendasi dari Spotify seperti musik untuk latar belakang kafe, genre khusus Witch House, hingga instrumen elektronika.

Munculnya AI Playlist ini sempat menghebohkan banyak pengguna Spotify. Tak sedikit dari mereka yang ingin merasakan fitur tersebut secara langsung, tetapi hal ini tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat karena Spotify masih menguji coba fiturnya.

Ketika fitur ini viral, Techcrunch berusaha menghubungi pihak Spotify, tetapi mereka menolak untuk memberikan konfirmasi. Saat itu, Spotify mengatakan bahwa pihaknya tidak akan mengomentari berbagai spekulasi mengenai fitur tersebut.

Namun, baru-baru ini, Spotify mulai sedikit terbuka mengenai fitur bertenaga AI yang sedang mereka rancang. Meski tidak dijelaskan secara detail, pihak Spotify mengatakan bahwa fitur AI Playlist sedang diuji coba hingga beberapa waktu ke depan.

“Kami rutin melakukan sejumlah tes. Beberapa dari pengujian tersebut pada akhirnya membuka jalan bagi pengalaman kami yang lebih luas dan pengujian lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran penting,” kata juru bicara Spotify.

Spotify menyadari bahwa fitur ini banyak dinanti pengguna karena sempat viral di TikTok, tetapi mereka belum siap untuk meluncurkannya. Maka dari itu, pihak Spotify mengatakan bahwa, “Kami tidak punya apa-apa lagi untuk dibagikan saat ini.”

Pada Agustus tahun ini, Spotify sempat merilis fitur AI DJ, rekomendasi musik yang dipersonalisasi dengan teknologi OpenAI. Melihat kemampuan Spotify dalam meluncurkan fitur AI DJ, fitur AI Playlist mungkin bisa diluncurkan pada akhirnya.