Amazon Music Luncurkan Maestro, Fitur Daftar Putar Baru yang Didukung AI
Tampilan fitur Maestro Amazon Music (foto: Amazon Music)

Bagikan:

JAKARTA - Amazon Music mengumumkan peluncuran Maestro, sebuah fitur baru yang menggunakan teknologi AI untuk mempermudah pengguna dalam membuat playlist yang Anda inginkan. 

Cara kerja fitur ini adalah, di mana Anda bisa hanya menggunakan emoji, emosi, aktivitas, suara, atau memilih salah satu dari saran yang disarankan. Setelah itu, Maestro akan menangkap ide tersebut dan memberikan Anda daftar lagu yang sesuai dengan perintah. 

Selanjutnya, Anda hanya perlu mendengarkan daftar putar apa yang Anda buat, menyimpannya, serta membagikannya dengan teman untuk didengarkan.

Maestro kini sudah diluncurkan dalam versi beta untuk sebagian pelanggan Amazon Music Gratis, Prime, dan Tidak Terbatas di AS pada aplikasi seluler iOS dan Android. 

Pelanggan Amazon Music Unlimited dapat mendengarkan daftar putar mereka secara instan dan menyimpannya untuk nanti, sementara anggota Prime dan pelanggan yang didukung iklan dapat mendengarkan pratinjau daftar putar mereka selama 30 detik sebelum menyimpannya. 

Amazon juga berencana untuk memperluas ketersediaan Maestro untuk lebih banyak pelanggan di masa mendatang. Meski demikian, belum ada tanggal pasti kapan fitur AI ini bisa tersedia secara global. 

“Kami berencana untuk memperluas akses ke lebih banyak pelanggan seiring berjalannya waktu,” tutup pengumumannya dikutip Rabu, 17 April. 

Awal bulan ini, Spotify telah memulai debut fitur serupa untuk anggota Premium di Inggris dan Australia. AI Playlist Spotify ini bekerja dengan cara yang hampir sama seperti Maestro.