Bagikan:

JAKARTA - YouTube baru saja mengumumkan bahwa mereka mulai meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna membuat seni daftar putar khusus menggunakan AI generatif di YouTube Music.

Berdasarkan pengumuman yang dibagikan di blog resminya, fitur eksperimental baru ini diluncurkan mulai Selasa, 24 Oktober untuk pengguna YouTube Music bahasa Inggris di Amerika Serikat. 

Meski demikian, perusahaan berencana untuk membawa fitur ini ke lebih banyak wilayah dan bahasa tambahan dalam waktu-waktu mendatang, meskipun belum ada waktu pastinya.

"Mulai hari ini, kami akan mulai meluncurkan fitur eksperimental baru untuk pengguna AS berbahasa Inggris di YouTube Music yang menciptakan seni daftar putar khusus menggunakan AI generatif," kata T. Jay Fowler, Direktur Manajemen Produk, YouTube Music.

Fowler menambahkan, pengalaman yang dipandu dengan AI ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengeksplorasi dari berbagai tema visual dan opsi untuk membuat sampul seni unik yang mengekspresikan keunikan daftar putar pribadi Anda. 

"Berjuang untuk menemukan karya seni yang sempurna untuk daftar putar perjalanan pagi yang terinspirasi R&B 90’ Anda? Jangan khawatir, kami menangkapmu. Tetap di sini untuk ekspansi ke wilayah dan bahasa lain secara global," tambahnya.

Untuk memulai, Anda harus mengklik gambar default saat ini dari daftar putar Anda. Dari sana, Anda dapat menggulir sejumlah tema, seperti perjalanan, alam, lanskap, fantasi, hewan, dan humor. 

Setelah Anda memilih tema, Anda dapat menggulir melalui pilihan permintaan. Misalnya, jika Anda memilih tema hewan, Anda dapat memilih untuk menerima gambar kucing Himalaya dalam gaya lukisan Gothic Abad Pertengahan atau dalam gaya lukisan Pop Art.