Bagikan:

JAKARTA - Pengguna Apple HomePod kini bisa berbahagia menyambut pihak ketiga untuk perangkat speaker mereka. Setelah kehadiran Spotify, Apple HomePod kini bisa menggunakan YouTube Music.

Melalui unggahan kepala produk YouTube,  Brandon Bilinski, di Reddit yang dilihat 9to5google, YouTube Music kini bisa diatur sebagai default dalam pencarian musik. Pengguna bisa dengan mudah meminta Siri memutar lagu kesukaan di YouTube Music.

Sebelum menggunakan YouTube Music, pastikan Anda sudah berlangganan paket Premium. Setelah itu, buka aplikasinya dan ketuk ikon pengguna Anda di bagian kanan atas, kemudian buka Pengaturan > Aplikasi Terhubung > Terhubung dengan HomePod.

Sementara itu, Anda bisa menjadikan YouTube Music sebagai default dengan membuka aplikasi Home di iPhone atau iPad, lalu ketuk ikon pengaturan dan buka Home Settings. Kemudian, buka nama pengguna di bagian People dan ketuk Layanan Default.

Mengutip dari TheVerge, opsi Aplikasi Terhubung mungkin tidak terlihat di YouTube Music, tetapi hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Anda cukup menutup paksa aplikasi dan membukanya lagi atau memperbarui aplikasi YouTube Music ke versi terbaru.

Sebagai informasi, opsi pihak ketiga untuk layanan HomePod memang masih sedikit. Sebelum muncul Spotify dan YouTube Music, pengguna hanya bisa menggunakan Apple Music, Deezer, dan Pandora.

Meski HomePod bisa tersambung dengan Spotify sebelum adanya YouTube Music, Apple tetap tidak menyediakan dukungan sambungan langsung lewat aplikasi speaker.

Untuk menggunakan Spotify, Anda perlu membuka aplikasi musiknya dan memilih HomePod melalui pilihan Airplay atau Bluetooth, langkah yang lebih merepotkan dibandingkan dengan menyambungkan YouTube Music.