Perbedaan Airplay dan Airplay 2: Fitur dan Cara Kontrolnya
Perbedaan AirPlay dan AirPlay 2 (9to5mac)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Setelah bertahun-tahun menyediakan layanan streaming secara nirkabel untuk pengguna, produk AirPlay pun diperbarui pada tahun 2017. Pembaruan itu terwujud dalam bentuk produk baru yang diberi nama AirPad 2.

Melalui perangkat streaming ini, pengguna bisa berbagi file video atau video dari iPhone, iPad, Mac, hingga Apple TV secara instan. Bahkan, semua perangkat yang mendukung AirPlay pun mendukung layanan tersebut.

Memang, pengeras suara HomePod dan HomePod mini speaker juga menyediakan layanan serupa. Tapi, melalui AirPlay 2, Apple juga menyediakan fitur multi-room -sebuah jaringan pengeras suara yang terhubung antar satu ruangan dengan ruangan yang lain.

Lantas, apa saja perbedaan AirPlay dan AirPlay 2? Lalu, mengapa banyak pengguna lebih memilih versi terbaru ini ketimbang yang lawas? Dalam artikel di bawah, tim VOI sudah merangkumkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Perbedaan AirPlay 2 vs AirPlay

AirPlay diluncurkan pada tahun 2010. Produk ini merupakan evolusi dari AirTunes, perangkat yang dikembangkan oleh Apple untuk mengakomodasi streaming nirkabel antar perangkat Apple melalui Wi-Fi.

Sejak peluncuran AirPlay, perusahaan pun melisensikan produk ini agar kompatibel dengan seluruh perangkat Apple. Hingga kemudian, pada tahun 2017, Apple memperkenalkan AirPlay 2. Perangkat anyar ini menawarkan sejumlah pembaruan. Contohnya dukungan audio multi-room.

Dibandingkan dengan streaming audio via perangkat Bluetooth, AirPlay mampu menghasilkan suara dengan kualitas lebih baik. Pasalnya, perangkat ini menjangkau bandwith yang lebih luas yang disediakan Wi-Fi.

Sedangkan dalam pembaruan AirPlay 2, Apple menambahkan layanan untuk memutar musik ke beberapa perangkat audio sekaligus. Singkatnya, lagu yang Anda putar pada iPhone bisa didengarkan di beberapa ruangan sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Sementara itu, AirPlay, pendahulu AirPlay 2, menawarkan layanan yang sedikit berbeda. Jika AirPlay 2 bisa terhubung ke beberapa sekaligus via Wi-Fi, maka AirPlay cuma bisa terhubung ke satu speaker atau TV saja.

Cara Mengontrol AirPlay dan AirPlay 2

Sebagai produk awal, AirPlay memiliki banyak batasan. Seluruh keterbatasan itu berhasil diatasi perusahaan lewat AirPlay 2. Tak terkecuali dalam hal kontrol perangkat.

Pada AirPlay 2, Anda bisa mengontrol sebagian besar fungsinya lewat Control Center, aplikasi Music, tampilan Home, serta tampilan layar terkunci pada perangkat Apple. Anda juga bisa meminta Siri untuk memutarkan music -cukup sebutkan judul dan ruangan.

Berbagai kemudahan itulah yang tidak akan Anda temukan pada AirPlay. Sehingga, membuat perangkat ini lambat laun mulai ditinggalkan penggunanya.