Bagikan:

JAKARTA - Apple meluncurkan versi beta pengembang iOS 14.5 kemarin, Senin, 1 Februari. Versi terbaru iOS ini hadir dengan beberapa fitur anyar. Salah satu fitur yang dinanti banyak pengamat adalah aplikasi pelacak transparansi privasi.

Aplikasi anyar ini bakal menampilkan pemberitahuan jika ada aplikasi pihak lain serta website  yang ingin melacak data pengguna. Selain itu, aplikasi ini juga bakal meminta ijin pengguna terkait aktivitas pelacakan data dari platform lain.

Contohnya, saat pengguna  membuka Facebook, akan muncul pemberitahuan di layar yang menjelaskan bahwa aplikasi Facebook ingin melacak data aktivitas perangkat. Nanti, akan muncul dua menu pilihan, yakni ‘Minta Aplikasi untuk Tidak Melacak’ atau ‘Ijinkan’.

Versi iOS 14.5 Beta sudah tersedia untuk pengembang melalui pembaruan yang bisa diakses pada Pengaturan. Jika pembaruan ini belum muncul, Anda bisa menunggu terlebih dulu dan selalu cek setiap waktu. Pasalnya, butuh waktu untuk meluncurkan versi iOS terbaru ke semua pengembang yang sudah terdaftar.

Cara Update iOS 14.5

Setiap perangkat yang terdaftar sebagai pengembang sudah bisa mendapatkan pembaruan ini. Akan tetapi, Apple mengingatkan agar tidak menjalankan iOS 14.5 pada perangkat lawas atau berspesifikasi rendah.

Jika Anda sudah terdaftar sebagai pengembang, bisa langsung membuka halaman developer.apple.com/download melalui perangkat. Selanjutnya unduh file dengan menekan tombol yang tersedia.

Pengguna iPhone yang tidak terdaftar sebagai pengembang juga bisa mengakses versi beta sistem operasi iOS terbaru ini. Pengguna cukup menagkses halaman Apple Beta Software Program melalui iPhone, kemudian buat akun beta, lalu unduh file beta yang tersedia.

Fitur Anyar iOS 14.5

Selain fitur pelacak transparansi privasi, Apple turut menambahkan beberapa fitur baru pada pembaruan ini. Melansir penelusuran tim 9to5Mac, berikut ini fitur-fitur unggulan pada iOS 14.5:

Buka Layar Terkunci Menggunakan Apple Watch

Akibat penerapan kebiasaan baru, kini kita terpaksa menggunakan masker selama bepergian. Sayangnya, masker ternyata memengaruhi kinerja Face ID. Berdasarkan pengalaman banyak pengguna, fitur keamanan iPhone ini kerap gagal mengidentifikasi wajah yang ditutupi masker.

Kesulitan tersebut diatasi perusahaan pada iOS 14.5. Alih-alih menggunakan Face ID untuk membuka kunci layar, iOS 14.5 menyediakan pilihan dengan menggunakan Apple Watch. Tanpa perlu mengetikan PIN, kombinasi kode, atau sidik jari.

Untuk mengatifkan fitur ini, buka aplikasi Pengaturan, pilih menu Face ID & Passcode, kemudian geser toogle pada menu Unlock with Apple Watch.

Dukungan AirPlay 2 untuk Fitness+

Salah satu kelemahan dari layanan kebugaran Apple yakni hanya bisa diakses melalui iPhone, iPad, atau Apple TV. Pengguna tidak bisa mengakses melalui Mac atau televisi pintar merek lain.

Melalui iOS 14.5, pengguna iPhone kini bisa streaming konten kebugaran melalui iPhone, iPad, serta perangkat lain yang didukung AirPlay 2. Saat ini sudah tersedia banyak pilihan televisi pintar yang didukung AirPlay 2. Dan kemudahan ini bakal membuat Fitness+ bebas dari batasan.