Elon Musk Umumkan Rencana Peluncuran Langganan Premium Baru di X
Platform X atau Twitter, akan segera meluncurkan dua tingkat langganan premium baru. (foto: twitter @elonmusk)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Jumat 20 Oktober, Elon Musk mengungkapkan bahwa platform media sosial X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, akan segera meluncurkan dua tingkat langganan premium baru.

"Salah satunya dengan biaya lebih rendah dengan semua fitur, namun tanpa pengurangan iklan, dan yang lainnya lebih mahal, tetapi tanpa iklan," kata Musk dalam sebuah posting di X.

Musk, yang mengambil alih platform tersebut pada Oktober 2022, telah berupaya meningkatkan pendapatan dengan membebankan pengguna dan dengan merayu kembali pengiklan, yang berhenti membeli iklan setelah Musk memecat sebagian besar karyawan dan membubarkan tim moderasi konten.

Musk telah mengakui bahwa platform tersebut mengalami penurunan pendapatan dan telah menyalahkan aktivis atas tekanan terhadap pengiklan. Meskipun ia tidak memberikan lebih banyak detail tentang rencana langganan, sebuah uji coba oleh X pada awal pekan ini menunjukkan beberapa pembatasan bagi pengguna yang tidak ingin membayar layanan tersebut.

X mulai membebankan pengguna baru 1 dolar AS di Selandia Baru dan Filipina sebagai kasus uji coba untuk mengakses platform tersebut.

Pengguna baru yang memilih untuk tidak berlangganan hanya akan dapat melakukan tindakan "hanya membaca", seperti membaca pos, menonton video, dan mengikuti akun, kata perusahaan tersebut di situs webnya.

Metode langganan "Not A Bot" platform tersebut bertujuan untuk mengurangi spam, manipulasi platform, dan aktivitas bot.

Perusahaan teknologi besar lainnya juga telah bereksperimen dengan kombinasi rencana didukung iklan dan langganan. Sementara YouTube milik Alphabet memiliki versi berbayar dan gratis yang didukung iklan, rencana yang didukung iklan Netflix juga dapat dikenakan biaya, meskipun dengan harga yang lebih kecil.

YouTube, yang seperti X diisi dengan konten dari pengguna, membagikan sebagian dari pendapatan langganan dengan para pembuat. X, yang juga membagikan sebagian dari pendapatannya dari iklan dengan pembuat konten, tidak mengungkapkan apakah pembuat konten akan dibayar dalam model langganan bebas iklan.

Untuk menghasilkan pendapatan, Musk mulai membebankan 8 dolar AS per bulan untuk layanan langganan tanda centang biru dan menawarkan diskon kepada perusahaan untuk beriklan di platform tersebut.

Namun, karena perusahaan menghadapi kritik atas moderasi konten yang kurang ketat, pengiklan tidak ingin iklan mereka muncul di samping konten yang tidak pantas.

Minggu lalu, Komisi Eropa meluncurkan penyelidikan terhadap X untuk melihat apakah platform tersebut mematuhi aturan teknologi baru tentang konten ilegal dan berbahaya menyusul penyebaran disinformasi di platform tersebut setelah serangan Hamas terhadap Israel.