Apple Mungkin Sertakan Chatbot Buatan Mereka di iOS 18
Apple (Foto: Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa bulan belakangan ini, muncul desas-desus bahwa Apple sedang menyiapkan saingan dari ChatGPT. Chatbot ini kabarnya akan dimasukkan ke sistem terbaru mereka, iOS 18.

Pembicaraan ini semakin menguat dengan pernyataan Analis Industri Jeff Pu. Mengutip dari Techradar, Pu mengatakan bahwa Apple memang tengah merancang ChatGPT yang akan diluncurkan tahun depan.

Dengan perkiraan waktu ini, ChatGPT buatan Apple mungkin disertakan ke dalam iOS 18, pendamping dari iPhone 16. Setiap akhir tahun, Apple akan meluncurkan perangkat dan sistem baru mereka sehingga penyertaan chatbot sangat mungkin terjadi.

Namun, perlu diingat bahwa perkiraan waktu ini masih belum pasti. Peluncuran Kecerdasan Buatan (AI) generatif bukanlah hal yang mudah dan Apple mungkin menemukan beberapa kendala di dalamnya.

Berkaitan dengan pembuatan AI generatif ini, Pu mendapatkan informasi kredibel mengenai rancangan Apple. Informan ini mengatakan bahwa Apple akan membangun ratusan server AI di tahun ini.

Jumlah server ini akan meningkat di tahun depan. Nantinya, server ini akan menggabungkan cloud AI. Proses ini akan dilakukan dengan cara yang dapat melindungi privasi penggunanya.

Membahas soal AI, CEO Apple Tim Cook sempat mengakui bahwa perusahaannya tengah mengerjakan AI generatif selama bertahun-tahun. Cook mengatakan bahwa mereka mengembangkan sistem ini dengan serius.

Apple menyadari bahwa AI generatif bisa membawa dampak buruk bagi penggunanya. Maka dari itu, mereka sedang fokus menjauhkan dampak buruk seperti bias, halusinasi, dan berbagai masalah lainnya.